• Berita Terkini


  • SMILE VIDEO


  • Arsip Berita


  • SMILEGROUP FanPage


  • Smile Group R&D Team

    11 September 2013 | oleh Smile pada Berita Umum, Teknologi Informasi

    Research and DevelopmentYogyakarta – Research and Development, Satu lagi kami informasikan kapada pengunjung Web Smile Group yang terhormat bahwa dibalik kesuksesan kami selama ini juga tak luput dari peran serta tim Riset dan Pengembangan yang terdiri dari programer-programer muda dengan semangat tinggi dan tidak kenal menyerah. Kami jadikan satu devisi tersendiri dengan nama “Smile Group R&D Team”, dengan tim ini kami siap melucurkan berbagai produk software aplikasi pemerintah daerah yang tentu saja sesuai dengan peraturan perundang-udangan maupun tugas, pokok dan fungsi (TUPOKSI). Aplikasi yang siap diluncurkan tahun 2013 adalah:

    • SMS Gateway IB, Aplikasi ini berfungsi untuk pencatatan Inseminasi Buatan (IB) pada sapi atau lebih dikenal dengan istilah kawin suntik. Selama ini banyak kendala yang ada khususnya dari petugas pencatatan dilapangan untuk membuat laporan sehingga ini menjadi masalah tersendiri  bagi pemantau dan pengambil keputusan (pemerintah) dalam upaya peningkatan produk hasil ternak. Aplikasi SMS Gateway IB yang dikembangkan oleh Smile Group adalah aplikasi yang bisa memberi solusi karena pada prinsipnya petugas IB cukup mengirim data melalui SMS menggunakan telepon seluler yang akan diterima oleh modem yang dipasang pada komputer di kantor dinas yang mengendalikan IB, selanjutnya data yang terkumpul di database akan diolah secara otomatis sehingga menjadi laporan yang diinginkan, selanjutnya laporan tinggal dikirim ke kabupaten untuk dilanjutkan ke tingkat propinsi sebagai pusat pengendalian IB. SMS Geteway IB sangat penting untuk Dinas Peternakan.
    • SIMPARTA (Sistem informasi pariwisata), Pariwisata daerah jika dikelola dengan baik merupakan sumber PAD yang besar dan merupakan motor penggerak perekonomian rakyat, selain itu pariwisata menimbulkan multiflier effect bagi seluruh aktivitas ekonomi didalam masyarakat. Dengan menggunakan sistem informasi pariwisata ini semua stakeholder pariwisata dapat merasakan mendapat keuntungan. Bagi pengusaha akan mendapatkan media promosi untuk usahanya secara gratis, bagi konsumen bermanfaat sekali dengan tersedianya informasi pariwisata yang lengkap mulai dari tujuan wisata, oleh-oleh, restoran, agen wisata maupun hotel, sedang bagi pemerintah daerah akan mendapatkan data-data akurat yang sangat penting sebagai landasan pengambilan kebijakan dalam pengembangan pariwisata daerah di saat-saat berikutnya dan bahkan sistem informasi ini bisa menyajikan data dalam bentuk grafik yang terbentuk secara otomatis. Dengan sistem ini dinas pariwisata sangat terbantu dalam banyak hal.
    • TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronis) adalah aplikasi yang membantu suatu instansi Pemerintah Daerah / SKPD dapat melaksanakan kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, produktif, akurat, aman, dan efisien. Dalam bidang pemerintahan, pengembangan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik mengacu pada Peraturan Menpan Nomor 80 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik Di Lingkungan Instansi Pemerintah. Ini merupakan upaya  untuk melakukan reformasi birokrasi dan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance). Aplikasi ini sangat cocok untuk Instansi Pemerintah Daerah / SKPD.
    • SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian), Pemanfaatan teknologi informasi dapat menghasilkan efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi yang ditunjukkan oleh kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi (validitas) yang dihasilkan. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada seluruh personalia yang ada karena pegawai merupakan aset penting dalam penyelenggaraan organisasi yang perlu dikelola dengan baik. Pengelolaan pegawai yang baik dalam lingkup kecil akan meningkatkan kinerja pegawai dan dalam lingkup yang lebih besar dan akan membawa perbaikan kinerja perusahaan / pemerintah secara keseluruhan. Mengingat pentingnya pengelolaan data pegawai tersebut, maka peningkatan kualitas pengelolaan kepegawaian melalui implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian merupakan salah satu prioritas dalam tahapan pengembangan e-government.
    • SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) adalah suatu sistem dan aplikasi program Rumah Sakit secara menyeluruh berbasis Teknologi Informasi (Komputer) yang terdiri dari sistem dan modul yang terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Konsep Integrasi Proses dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Terpadu mengelompokkan sistem informasi rumah sakit menjadi dua bagian besar yaitu Sistem Billing dan Sistem Administrasi dimana antar masing-masing sistem tersebut terdapat hubungan/integrasi, sehingga secara umum proses-proses dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dapat dibagi dalam dua kelompok utama yaitu Billing dan Administrasi. SIMRS juga mampu memberikan informasi dan laporan terjadwal dalam menunjang sistem pelaporan operasional rumah sakit dengan menyajikan data-data yang akan digunakan untuk melakukan analisa dalam pengambilan keputusan.

    Komentar Anda

    komentar. Silahkan tinggalkan komentar

    Tags:

    Alamat Kami

    Hubungi Kami


    Informasi & Pendaftaran
    • Kantor Pusat
      Jl. Prof. Dr. Sardjito 24
      Telp : (0274) 2920642, 589493 Fax: (0274) 589493
    Yogyakarta - INDONESIA
    info@smilejogja.com
    smilegroupyogyakarta
    @smilegroupjogja
    smilegroupyogyakarta


     
    Copyright © 1996 - 2017 All Right Reserved | Semua isi berita di website ini dipublikasikan oleh SMILE GROUP Yogyakarta
    info@smilejogja.com | smilegroupyogyakarta | @smilegroupjogja | smilegroupyogyakarta
    Login Chat