Beberapa Instansi Pemerintah mengikuti Pelatihan GIS di SMILE GROUP Yogyakarta


Diterbitkan pada : 30 Nov 2013

Pelatihan SIG-GIS YogyakartaYogyakarta – GIS (Geographic Information System) atau SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah aplikasi yang mempunyai banyak  digunakan untuk berbagai kepentingan antara lain untuk perencanaan, analisis, dan pengambilan keputusan atau suatu kebijakan mengenai suatu daerah. Sekarang ini banyak aktivitas pemerintahan yang akan sangat terbantu dengan aplikasi SIG/GIS ini, tentu saja apabila di implementasikan dengan baik dan maksimal. Bulan ini Smile Group mengadakan pelatihan SIG/GIS untuk instansi pemerintah dengan harapan manfaat SIG ini betul-betul mampu memberi dampak positif bagi pembangunan atau paling tidak bisa digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan. Instansi yang mengikuti pelatihan  GIS diantaranya: Dinas Kehutanan dan Perkebunan Banggai Kepulauan, Dishubkominfo Indragiri Hulu, Dinas Pertanian & Peternakan Kab luwu, Badan Pertanahan Batam, Dinas PU Kutai Barat, Dinas PU Asmat dan Setda Kab Muko-Muko. Kalau dilihat dari beragamnya instansi yang mengikuti pelatihan ini berarti aplikasi SIG/GIS ini memang sudah menjadi acuan dan layak untuk dipelajari secara serius sehingga bisa merasakan manfaatnya.

Apa saja manfaat SIG ini untuk aktivitas pemerintahan: Pertama, SIG untuk Inventarisasi sumber daya alam. Melalui aplikasi SIG, kita dapat mengidentifikasi tentang potensi-potensi alam yang tersebar di suatu wilayah, dan selanjutnya memudahkan dalam pengelolaan sumber alam tersebut untuk kepentingan orang banyak. Kedua, SIG bermanfaat untuk Disaster Management. Artinya, aplikasi GIS dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan rehabilitasi pasca bencana, menggunakan SIG-GIS untuk memetakan kondisi yang diakibatkan bencana tersebut dan menentukan prioritas pembangunan di lokasi yang paling parah kerusakannya.

Ketiga, SIG bermanfaat untuk Penataan Ruang & Pembangunan sarana-prasarana, untuk analisis dampak lingkungan, daerah serapan air, kondisi tata ruang kota, dan masih banyak lagi. Keempat, manfaat SIG untuk Investasi Bisnis dan Ekonomi, dengan adanya peta informasi Investasi Bisnis dan Ekonomi, dapat ditentukan arah pembangunan. Dan para investor pun bisa menentukan strategi investasinya berdasarkan kondisi geografis yang ada, kondisi penduduk dan persebarannya, hingga peta infrastruktur dan aksesibilitas.

Kelima, manfaat SIG untuk sektor Pertahanan & Komunikasi. Peta data spasial dapat berguna bagi pemerintah untuk mengidentifikasi batas-batas perairan dan daratan. Dari segi komunikasi, GIS bisa berguna untuk mengidentifikasi dan menentukan persebaran coverage menara transmitter atau BTS. Tidak hanya tersebut diatas manfaat SIG/GIS ini untuk mendukung pembangunan nasional tetapi masih banyak lagi yang tentusaja tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Jika menginginkan pelatihan GIS di Yogyakarta silahkan menghubungi kami, tentunya kami lebih baik dan profesional.

Smile Group sebagai salah satu lembaga Pelatihan instansi pemerintah dibidang IT dan pengembangan SDM mendedikasikan diri untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja para pegawai pemerintah maupun karyawan swasta, salah satu bidangnya adalah pelatihan GIS Dasar dan GIS Lanjut.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pelatihan Instansi, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami