PTP Nusantara III Medan Mengikuti Training Sistem Informasi Geografis


Diterbitkan pada : 26 Feb 2014

ptp n 3 medanGuna meningkatkan kinerja dan kemampuan kerja di PTP Nusantara 3 Medan, memerlukan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS). Hal ini penting untuk me”meta”kan area kerja (perkebunan, dsb) yang didukung oleh tampilan dan data yang akurat. Untuk itu PTP Nusantara III Medan mengutus 3 orang SDM terbaiknya untuk mengikuti pelatihan SIG di Smile Group Yogyakarta. Beliau adalah Bapak Khairadi, Bapak Bambang Juliadi Hasibuan, dan Bapak Said Muhammad Zaini. Pelatihan dilaksanakan tanggal 24 Februari – 1 Maret 2014 setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB. Pelatihan bertempat di gedung Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta.

“Pelatihan ini penting bagi kami yang bekerja di lapangan. Penggambaran lapangan, pengecekan lapangan, serta informasi lainnya tentang lapangan sangat mudah kami dapatkan dengan menggunakan SIG ini”, demikian disampaikan oleh bapak Bambang, sebagai salah satu peserta dalam pelatihan ini, yang diamini oleh dua peserta lainnya. “Ini pelatihan yang sangat berbeda dibanding pelatihan lainnya. Mantaaap. Kita dapat ilmu yang banyak, hiburan, keakraban, serta wisata kuliner di luar jam pelatihan”, demikian komentar pak Said, peserta yang sekaligus vokalis jempolan.

“Ini adalah kelas paling rajin. Beliau sangat antusias mengikukti pelatihan, sampai tidak ingat waktu”, demikian komentar dari Ms. Inggrid selaku pengampu materi pelatihan SIG kali ini.

Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) diartikan sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.

Aplikasi SIG dapat digunakan untuk berbagai kepentingan selama data yang diolah memiliki refrensi geografi, maksudnya data tersebut terdiri dari fenomena atau objek yang dapat disajikan dalam bentuk fisik serta memiliki lokasi keruangan.

ptpn 3 medan training gis ptpn 3 medan training sig

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami