Pelatihan WebGIS dengan Mapserver di Smile Group Yogyakarta


Diterbitkan pada : 20 Aug 2015

Pelatihan WebGIS Yogyakarta – Webgis adalah perpaduan dari dua ilmu yang mempunyai latar belakang berbeda yaitu IT website dan geografi, namun di jaman yang serba canggih seperti saat ini semua bidang ilmu bisa kolaborasikan untuk mendapatkan hasil yang cepat, akurat dan manfaat, tentu saja dengan pemanfaatan teknologi informasi. Peta saat ini tidak lagi hanya berbentuk cetak atau analog namun dengan adanya teknologi komputer maka bisa dibuat peta digital melalui proses digitasi menggunakan aplikasi GIS, Mapinfo atau yang sejenis. Sedangkan WebGIS adalah peta digital yang disajikan melalui website, maka jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta digital serta menjalankan fungsi-fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui web browser jaringan internet. Sekarang saatnya semua instansi yang berkepentingan dengan informasi pemetaan beralih ke WebGIS. Untuk itu PT Gapura Alas Makmur merekomendasikan 2 SDM bidang GIS yaitu Suryadi dari PT. Lingkarindah Plantation dan Fania Surya Tantri dari PT. Borneo Muria Plantation yang masih dalam satu Group Holding Company PT HPI-Agro pada tanggal 11 – 13 Agustus 2015 untuk mengikuti pelatihan WebGIS di Smile Group Yogyakarta. 

Pelatihan webgis kali ini mempunyai target bagaimana mengelola peta digital berbasis web dengan menggunakan mapserver. MapServer menyediakan beberapa fitur yang diperlukan untuk pengolahan suatu peta misalnya memperbesar atau memperkecil ukuran skala peta, mencari suatu lokasi, dan mengambil informasi yang berkaitan dengan lokasi tersebut. Fitur-fitur tersebut dapat langsung digunakan dengan bantuan PHPMapscript. MapServer merupakan flatform aplikasi yang menggunakan webbase dalam penanganan data spasial (peta), Aplikasi yang berbasis web atau webbase mempunyai beberapa kelebihan untuk dipergunakan pada masa yang akan datang.

PT HPI-Agro adalah perusahaan yang bergerak dibidang agrobisnis seperti perkebunan kelapa sawit dan cengkih, tentu saja untuk merencanakan dan melakukan survey pendahuluan, melakukan pengukuran, pemetaan, dan merancang serta membangun model, mengelola data lahan perusahaan memerlukan tenaga GISOFFICER (GIS) yang kompeten dibidangnya seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Diantaranya Aplikasi webbase dapat diakses dari mana pun di seluruh dunia, dengan hak akses diatur sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu software khusus untuk menggunakan aplikasi, cukup dengan web browser, sehingga tidak diperlukan lisensi software khusus di komputer pengakses. Semoga pelatihan webGIS dengan mapserver kali ini bisa bermanfaat.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pelatihan Singkat, Teknologi Informasi
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami