Pelatihan WebGIS Balai Teknologi Lingkungan BPPT Tangerang


Diterbitkan pada : 05 Sep 2015

Pelatihan WebGIS Yogyakarta – Hadirnya teknologi ditengah-tengah kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini harus bisa dimanfaatnya semaksimal mungkin, paling tidak penggunaanya sebagai media informasi kepada masyarakat luas, misalnya saja informasi tentang pemetaan wilayah. Kegiatan survei dan pemetaan tidak lagi menggunakan cara terestrial biasa namun sudah harus memanfaatkan teknologi supaya pekerjaan menjadi efektif, efisien, akurat dan bisa dipertanggugjawabkan. Salah satu contoh pemetaan dengan menggunakan teknologi adalah pemetaan dengan sistem informasi geografis atau lebih dikenal dengan Geographic Information System (GIS). Hasilnya berupa peta digital interaktif yang selanjutnya bisa dikombinasikan dengan teknologi internet yang disebut dengan webGIS. Bagaimana proses pembuatan dan pengelolaan webgis maka Balai Teknologi Lingkungan – TPSA Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tangerang mengirimkan dua SDM terbaiknya untuk mengikuti pelatihan WebGIS di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan dijadwalkan tanggal 31 Agustus s/d 04 September 2015 di gedung smile group Jl. Prof. Dr Sardjito 24 Yogyakarta.

Pelatihan WebGIS BPPT

Dua SDM yang dimaksut adalah Bapak Dr. Ir. Arie Herlambang, M. Si dan Bapak Joko Widodo, M.Si. Kedatanganya ke Yogyakarta kali ini beliau memilih kereta api sebagai transportasinya. Selamat datang di Yogyakarta Bapak, sapa salah satu petugas kami di stasiun kereta api yang selanjutnya kita antarkan Beliau ke Hotel yang sudah kami sediakan. Dari pertemuan awal sudah tampak antusiasme mempelajari atau pelatihan webGIS, tentu saja ini menambah semangat tim smile group untuk memberikan yang terbaik bagi peserta pelatihan. Keesokan harinya kita jemput dari hotel ke kantor smile group untuk memulai pelatihan.
Satu per satu materi pelatihan mulai diperkenalkan ke peserta, aplikasi apa saja yang harus di persiapkan dalam membangun webGIS baik yang berbayar maupun yang gratis/open source. Namun dalam pelatihan webgis kali ini kami kenalkan dengan aplikasi free open source agar perta bisa latihan sendiri tanpa ada kekawatiran di manapun berada. Seperti, Q-GIS, Mapserver(MS4w), XAMPP dan beberapa yang lain. Materi-materi dasar tentang peta digital, tool dan penyajian peta, tentang layer bahkan tentang HTML script maupun PHP script adalah bagian yang harus dipelajari. Bagaimana Bapak? kami mencoba menggali informasi tentang materi pelatihan saat istirahat, wah….seru, asik, penasaran jadi satu tapi tetap semangat. Mantab…..duo jempol!!

WebGIS Training
Salah satu manfaat dari pelatihan WebGIS ini adalah bisa mengembangkan peta digital berbasis WebGIS sehingga mudah dalam pencarian data dan informasi kapan dan dimanapun berada salama ada jaringan internet tentang informasi penggunaan lahan, kerusakan lingkungan, transportasi, bencana alam dan masih banyak lagi sesuai kepentingan pengguna.
semoga pelatihan ini bermanfaat….

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Teknologi Informasi
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami