Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Barito Utara Pelatihan Penginderaan Jauh


Diterbitkan pada : 06 Dec 2015

Pelatihan Penginderaan Jauh Yogyakarta – Saat teknologi di kehidupan kita berperan sangat besar di segala bidang. Salah satunya adalah bidang informasi dan komunikasi. Maka perlu bijaksana dalam pemanfaatannya, salah satunya adalah menggunakan teknologi informasi untuk mendukung dan mempermudah pekerjaan kita secara maksimal sehingga memperoleh manfaat secara maksimal pula. Informasi obyek atau fenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung disebut dengan penginderaan jauh (inderaja) atau remote sensing. Untuk memperoleh informasi ini, diperlukan sensor atau kamera yang dipasang pada pesawat udara, atau satelit tak berawak. Sensor atau kamera fotografik, menghasilkan citra (gambar) yang selanjutnya untuk di analisis sesuai tema, atau dijadikan peta, ini adalah contoh konkrit pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung kerja. Saat ini penginderaan jauh banyak sekali dimanfaatkan untuk instansi di berbagai bidang khususnya misalnya saja kehutanan, perkebunan, tambang, BNPB dan lain lain. Bagaimana cara mengolah citra satelit sesuai tema atau peta maka inilah yang menjadi alasan Dinas Kehutanan dan perkebunan kabupaten Barito Utara mengirimkan dua SDM terbaiknya pelatihan di smile group Yogyakarta. Pelatihan dijadwalkan tanggal 1 – 5 Desember 2015 di kantor pusat smile group Jl. Sardjito 24 Jogja. Sedangkan waktunya dari jam 08.00 – 15.00 WIB setiap harinya.

Pelatihan pengindraan jauh dan GIS
Untuk mempermudah pengolahan dan analisis citra digital di pelatihan ini diperkenalkan sistem aplikasi ENVI, ENVI (The Environment For Visualizing Images) merupakan suatu sistem pengolahan citra digital penginderaan jauh yang revolusioner dibuat oleh Research System, Inc (RSI). Selain itu ENVI juga terintegrasi dengan GIS, dimana GIS sendiri merupakan sistem berbasis komputer untuk pengumpulan, manajemen, analisis dan pemodelan, serta pembuatan output semua informasi spasial, yaitu yang mempunyai referensi lokasi pasti di permukaan bumi. Remote sensing dan GIS ini sangat diperlukan dalam perencanaan wilayah/kota, pengelolaan sumberdaya hutan dan perkebunan, tambang, kelautan, mitigasi bencana alam, dan lain-lain.
Dalam pelatihan kami juga selalu berusaha menyajikan yang terbaik agar semua peserta bisa mendapatkan manfaat dari pelatihan ini. Terimaasih atas kepercayaannya kami tunggu kerjasama berikutnya.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami