Pelatihan GIS – BLHKP Kabupaten Manokwari Selatan Pelatihan Geographic Information System


Diterbitkan pada : 16 Mar 2017

Untuk pertama kali Badan Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Pertambangan (BLHKP) Kabupaten Manokwari Selatan provinsi Papua Barat bekerjasama dengan Smile Group Yogyakarta dalam rangka Pelatihan GIS (Geographic Information System) Tingkat Dasar di Yogyakarta. Pelatihan diikuti oleh 2 (dua) SDM terbaik di BLHKP Mansel yang sangat antusias mengikuti setiap materi pelatihan. Pelatihan berlangsung tanggal 14-17 Maret 2017 bertempat di gedung Smile Group jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta dan diampu oleh Ms Annisa, salah satu pengajar terbaik di Smile Group untuk bidang GIS.

Pelatihan GIS tingkat dasar ini meliputi teori dan praktik, baik pembuatan peta maupun Global Positioning System (GPS). Di kelas, peserta dikenalkan dengan GIS, data spatial, titik koordinat, dsb. Di luar kelas, peserta diajari dan diajak praktik penggunaan GPS.

GIS (Geographic Information System) atau di Indonesia dikenal SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah sistem aplikasi untuk pengelolaan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan) yang dirancang untuk bekerja dengan data yang berkoordinat geografi. Tujuan pokok dari pemanfaatan GIS adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan disimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek.


Sebagai sistem yang mampu menyajikan informasi spasial, peranan GIS sangat menentukan kualitas pengambilan keputusan dan kebijakan mengenai ruang/ wilayah. Untuk dapat memanfaatkan data GIS untuk perencanaan dan pengambilan keputusan, maka dibutuhkan data dan analis GIS yang akan membuat pemodelan data spasial. Fokus pelatihan adalah pengolahan data dan simulasi lebih banyak lagi dengan menggunakan Arc ToolBox dan tambahan software lain yang dibutuhkan dalam pemrosesan lanjut data-data spasial. Semoga pelatihan GIS dasar ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan di Manokwari Selatan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Pelatihan GIS Dasar

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami