Bimtek SIPKD – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lembata – Pelatihan SIPKD


Diterbitkan pada : 20 Mar 2017

Dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM dalam mengoperasikan aplikasi SIPKD mulai Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga kabupaten Lembata provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengirimkan 4 (empat) SDM terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan dalam format bimbingan teknis (Bimtek) berlangsung selama 3 hari, tanggal 16-18 Maret 2017 bertempat di gedung Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta.

Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) adalah aplikasi terpadu yang dipergunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah yang digunakan meningkatkan efektifitas implementasi dari berbagai regulasi bidang pengelolaan keuangan daerah yang berdasarkan pada asas efisiensi, ekonomis, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel.

Aplikasi ini juga merupakan salah satu manifestasi aksi nyata fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri kepada pemerintah daerah dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, dalam rangka penguatan persamaan persepsi sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah dalam penginterpretasian dan pengimplementasian berbagai peraturan perundang-undangan.


Dengan diadakannya bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengguna aplikasi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai entitas akuntansi dapat menyajikan laporan keuangan serta menunjang Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) sebagai entitas pelaporan dalam menyusun atau menyajikan laporan pelaksanaan anggaran yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Laporan Perubahan Sisa Anggaran Lebih (SAL) serta laporan keuangan yang terdiri dari neraca, Laporan Operasi (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE) dan Laporan Arus Kas (LAK) serta Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat
Keyword : , , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami