PT. Karya Jaya Parakawan Mengikuti Pelatihan GIS (Geographic Information System)


Diterbitkan pada : 21 Apr 2017

Sistem Informasi Geografi merupakan hal yang penting bagi semua perusahaan termasuk perusahaan yang bergerak dibidang pemanfaatan hasil hutan. Industri kayu dan kehutanan mengandalkan data spasial Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam proses pengambilan keputusan. Sistem Informasi Geografis merupakan teknologi spasial yang menghasilkan data digital yang dapat memberikan informasi mengenai karakteristik dari suatu wilayah,  serta mengilustrasikan potensi kerusakan lahan, dikenal secara luas sebagai alat bantu (proses)  pengambilan keputusan. Penggunaannya dapat diaplikasikan dalam berbagai disiplin ilmu seperti ilmu kesehatan, ilmu ekonomi, ilmu lingkungan, termasuk peranan SIG dalam sektor kehutanan.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, maka segala informasi yang berhubungan dengan lingkup kehutanan, misalnya membantu dalam upaya pengumpulan data usia kayu, topografi, jenis tanah dan jalan akses menuju lahan; menyediakan sumber; membuat peta Kehutanan berorientasi layanan web dan produk dan  sebagainya akan didapatkan dengan mudah. Menggabungkan fotografi udara dengan data digital yang akurat dapat mempercepat proses, untuk itu diperlukan aplikasi informasi yang memadai termasuk informasi spasial yakni GIS (Sistem Informasi Geografis), PJ (Penginderaan Jauh), dan GPS (Global  Positioning System).

PT. Karya Jaya Parakawan, perusahaan yang bergerak dibidang pemanfaatan kayu mengirimkan staf terbaiknya ke SMILE GROUP guna mengikuti Pelatihan GIS, menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menghasilkan informasi geografi bagi perusahaan. Pelatihan tersebut berlangsung selama 5 hari, dimulai tanggal 18 April 2017 sampai dengan tanggal  22 April 2017. Reyner Wira Tri Tandidatu merasa senang dengan materi pembelajaran GIS yang diperolehnya. Praktik penggunaan GPS yang dilakukan di kompleks Graha Sabha Pramana UGM bersamaan dengan wisuda S2 UGM sehingga memberikan kesan tersendiri. Selain itu diluar jam belajar bisa menikmati suasana Malioboro dan beberapa objek wisata di Jogja.

Selain pelatihan GIS di kantor SMILE GROUP, pada waktu yang sama dilaksanakan juga pelatihan GIS di Manokwari yang diikuti oleh 40 orang perserta dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Papua Barat. Inhouse Training GIS dan program lainnya dapat dilaksanakan dimanapun sesuai dengan permintaan peserta pelatihan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami