Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Banjar ikuti Pelatihan GIS ArcGIS


Diterbitkan pada : 28 Apr 2017

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti Pelatihan GIS Dasar dengan ArcGIS yang diselenggarakan oleh Smile Group Yogyakarta. Pelatihan berlangsung tanggal 26-28 April 2017 bertempat di kantor Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta. Pelatihan GIS di Smile Group Yogyakarta diampu oleh pemateri-pemateri terbaik di bidang GIS yang meliputi pemahaman aspek teori dan praktik, mulai ArcGIS sampai pada praktik lapangan penggunaan perangkat Global Positioning System (GPS).

Training GIS atau Sistem Informasi Geografis (SIG) diawali dengan pemahaman, arti penting, serta kegunaan SIG bagi penataan ruang dan wilayah. Sistim Informasi Geografis (SIG) merupakan salah satu disiplin ilmu berbasis teknologi informasi yang berkembang begitu cepat akhir-akhir ini. Ide penyampaian informasi pada setiap titik koordinat bumi ini, semakin melejit seiring dengan perkembangan teknologi perekaman informasi melalui satelit. Hasil perekaman informasi terkait dengan kondisi fisik suatu wilayah melalui satelit, meskipun tidak sempurna, telah banyak digunakan untuk mensubstitusi perekaman informasi melalui survai lapangan yang butuh waktu lebih lama dan biaya yang relatif juga lebih mahal.

Dalam bidang perencanaan wilayah dan kota, ilmu ini memiliki peranan yang sangat penting. Menata ruang suatu wilayah membutuhkan dukungan data dan informasi, baik spasial maupun non spasial, yang akurat dan terkini, terutama data dan informasi tematik yang mengilustrasikan kondisi suatu wilayah. Perubahan kondisi wilayah pada daerah yang akan disusun rencana tata ruangnya, perlu dipahami dengan baik oleh para perencana, karena kualitas rencana tata ruang sangat ditentukan oleh pemahaman para perencana terhadap kondisi fisik wilayah perencanaan. Semoga pelatihan GIS yang dilaksanakan di SMILE GROUP Yogyakarta memberi manfaat bagi peserta pelatihan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami