Pelatihan TI – Rumah Sakit Islam (RSI) Kudus – Pelatihan Analisis Data Menggunakan SPSS


Diterbitkan pada : 19 Jul 2017

Data adalah modal utama keberhasilan perencanaan sebuah pekerjaan, baik yang berada di swasta maupun instansi pemerintah/birokrasi. Data boleh disebut sebagai “tongkat pemandu” untuk menentukan arah dalam melaksanakan roda suatu pekerjaan. Maka data dan analisis data menjadi sangat penting bagi sebuah institusi atau kantor atau rumah sakit. Hal ini sangat disadari oleh RSI Kudus sehingga memandang perlu mengirimkan salah satu SDM terbaiknya untuk mengikuti Pelatihan Analisis Data Menggunakan SPSS. Pelatihan berlangsung selama 3 hari tanggal 6-8 Juli 2017 bertempat di gedung Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta.

SPSS (Statistical Program for Social Science) merupakan software aplikasi statistik yang populer karena SPSS dapat membantu pengolahan data dan pengujian hipotesis untuk berbagai uji dan analisis dalam statistika, seperti uji t, uji F, uji-uji non parametrik, analisis regresi, analisis korelasi, dan analisis multivariat dan lain-lain. SPSS merupakan aplikasi statistik paling populer dengan berbagai alat analisis yang cukup lengkap dan mampu memproses data statistik secara cepat dan tepat, menjadikan berbagai output yang dikehendaki para pengambil keputusan.

SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dasar dari software SPSS.

Dalam penelitian, pengolahan dan penganalisisan data memegang peranan penting. Data yang telah dikumpulkan terkadang sulit ditafsirkan, oleh karena itu data tersebut perlu disajikan dalam bentuk sebuah tabel atau diagram (grafik).

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memanfaatkan dan memahami alat analisis data dan menganalisis data, serta meningkatkan kualitas, kemampuan dan ketrampilan peserta pelatihan dalam menganalisis data.

Materi Pelatihan SPSS meliputi: statistik deskriptif (cross tabulation, frequencies, descriptives explore, descriptive ratio) dan statistik inferensi (means, t-test, ANOVA, correlation, nonparametric tests, linear regression).

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait spss

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami