• Berita Terkini


  • SMILE VIDEO


  • Arsip Berita


  • SMILEGROUP FanPage



  • Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Di kalangan pelaku usaha bidang pariwisata, media sosial merupakan sarana promosi yang sangat efektif. Pengaruhnya membelah rentang waktu dan jarak. Tidak ketinggalan, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata memanfaatkan media online untuk menyebarkan informasi pariwisata yang meliputi destinasi, akses, event, dan sebagainya yang terbukti sangat efektif. Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi pariwisata lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

    Beberapa media online yang efektif untuk dijadikan media promosi pariwisata antara lain:
    1. Facebook
    Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi pariwisata daerah online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis pariwisata yang sudah memiliki kantor fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.
    Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik calon konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten pariwisata yang menarik.
    2. Twitter
    Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media online pariwisata. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk pariwisata. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.
    Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk pariwisata melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.
    3. Instagram
    Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media online pariwisata. Selain karena bisa menampakkan foto destinasi pariwisata juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk pariwisata dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media proposi pariwisata. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada destinasi pariwisata.
    4. Path
    Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media online promosi pariwisata. Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar.
    5. Kaskus
    Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk pariwisata. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media proposi pariwisata yang ampuh.

    Komentar Anda

    komentar. Silahkan tinggalkan komentar

    Tags:

    Alamat Kami

    Hubungi Kami


    Informasi & Pendaftaran
    • Kantor Pusat
      Jl. Prof. Dr. Sardjito 24
      Telp : (0274) 2920642, 589493 Fax: (0274) 589493
    Yogyakarta - INDONESIA
    info@smilejogja.com
    smilegroupyogyakarta
    @smilegroupjogja
    smilegroupyogyakarta


     
    Copyright © 1996 - 2017 All Right Reserved | Semua isi berita di website ini dipublikasikan oleh SMILE GROUP Yogyakarta
    info@smilejogja.com | smilegroupyogyakarta | @smilegroupjogja | smilegroupyogyakarta
    Login Chat