Pelatihan TI – BPKSDM Kab. Mamberamo Tengah – Pelatihan Pengarsipan Elektronik


Diterbitkan pada : 11 Apr 2018

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mamberamo Tengah mengikutsertakan beberapa pegawai terbaiknya dalam pelatihan e-Filing atau Pengarsipan Elektronik yang diselenggarakan oleh Smile Group Yogyakarta di Jakarta. Pelatihan berlangsung setiap hari jam 08:30 – 15:00 WIB tanggal 21-23 Maret 2018. Pelatihan meliputi teori dan praktik serta studi kasus pengarsipan elektronik.

Untuk mewujudkan tata kelola kearsipan yang baik, pemanfaatan teknologi informasi di dalam kegiatan kearsipan Instansi Pemerintah tidak dapat dihindarkan. Menurut Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan disebutkan, bahwa dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, pengarsipan dokumen secara elektronik oleh setiap Instansi Pemerintah merupakan salah satu jawaban untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dokumen sebagai sumber daya informasi yang berharga. Dokumen elektronik mudah dibuka dan ditelusuri isi dan riwayatnya, dokumen elektronik memungkinkan pembagian informasi yang efektif, serta dapat memberikan kontribusi pada penyebarluasan informasi.

Mengacu pada Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi No. 56 Tahun 2003 tentang Panduan Manajemen Sistem Dokumen Elektronik, bahwa pengarsipan dokumen elektronik perlu dikelola secara elektronik (menerapkan aplikasi sistem informasi manajemen kearsipan elektronik) untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, antara lain :
• Pengumpulan informasi yang lebih baik, konsisten dan mudah dicari kembali;
• Memudahkan penggunaan dokumen secara bersama antar unit dalam lembaga Instansi Pemerintah;
• Memudahkan penyusunan informasi organisasi secara terstruktur;
• Memudahkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat;
• Meningkatkan kualitas layanan publik;
• Lebih responsif pada perubahan.

Mengingat pentingnya penataan dan pengelolaan arsip secara efektif dan efisien, maka pemanfaatan software e-Filing dalam pengelolaan kearsipan sangatlah relevan. Oleh karena itu, pelatihan teknis Komputerisasi Kearsipan bagi sumber daya pengelola arsip pada sebuah Instansi Pemerintah sangatlah diperlukan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami