Pelatihan TI – DPUPR Provinsi Papua Barat – Pelatihan Pengolahan Citra dan Penginderaan Jauh


Diterbitkan pada : 21 Apr 2018

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Papua Barat bekerjasama dengan Smile Group Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Citra dan Penginderaan Jauh angkatan III tanggal 16-25 April 2018 bertempat di Swiss-Belhotel Manokwari. Pelatihan diikuti oleh 40 peserta dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten/Kota dan Provinsi Papua Barat.

Pelatihan dibuka oleh Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur dengan menabuh tifa sebanyak 5 kali. Dalam sambutan yang dibacakan oleh DR. Nico Tale selaku Staf Ahli Gubernur dan didampingi oleh Bapak Dr. Samy Junire Saiba selaku Plt. Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua Barat, Gubernur menekankan perlunya pengolahan citra sebagai dasar pembuatan peta dan penataan ruang. Semakin maju peradaban suatu wilayah maka semakin tertib dan rapi dalam penataan ruangnya.

Materi pelatihan meliputi pengantar penginderaan jauh dan penataan ruang, teori dan praktik lapangan GPS dan UAV/drone, pemrosesan citra digital, visualisasi citra, koreksi radiometri dan geometri, klasifikasi multispektral, dan sebagainya sampai kepada materi penyajian hasil dan layout peta. Selain itu pelatihan juga ditambah dengan materi operasional drone dan pengambilan gambar dari udara.

Penginderaan jauh sering disingkat INDRAJA adalah ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek/wilayah/gejala di permukaan bumi tanpa melalui kontak langsung. Karena tanpa kontak langsung, diperlukan media supaya obyek atau gejala tersebut dapat diamati dan “didekati” oleh si penafsir. Media ini berupa citra (image atau gambar). Citra adalah gambaran rekaman suatu obyek (biasanya berupa gambaran pada foto) yang dihasilkan dengan cara optik, elektro-optik, optik mekanik, atau elektronik.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami