Pelatihan TI – Setda Kabupaten Kapuas Hulu – Pelatihan Drone untuk Dokumentasi


Diterbitkan pada : 24 Apr 2018

Dokumentasi menggunakan UAV/Drone merupakan upaya menghadirkan sudut pandang berbeda dari sebuah acara atau event. Drone dapat mengambil gambar dan video dari ketinggian tertentu dan bergerak bebas mendokumentasikan obyek atau event dengan area yang luas maupun dekat. Akan tetapi operasional drone, sebagai layaknya operasional pesawat terbang, memiliki aturan teknis dan non teknis yang harus dipatuhi dalam rangka keamanan drone, masyarakat dan penerbangan lainnya. Maka Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengikutsertakan beberapa SDM dalam pelatihan Pembuatan Dokumentasi Menggunakan Drone.

Pelatihan diselenggarakan oleh Smile Group Yogyakarta pada tanggal 18-20 April 2018 bertempat di kantor Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta dan jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Sleman, DIY. Materi pelatihan meliputi: Pengenalan drone, aturan hukum operasional drone, SOP penerbangan drone, praktik penerbangan dan pengambilan gambar menggunakan drone, hingga pengolahan gambar menjadi video.

Perkembangan teknologi dokumentasi sangat pesat seiring meningkatnya tuntutan dokumentasi oleh masyarakat. Informasi tidak cukup disampaikan melalui kata-kata dan angka-angka serta foto biasa. Masyarakat membutuhkan gambar yang lengkap dan bahkan peta dan dokumentasi gambar bergerak atau video. Untuk itu pemerintah daerah perlu menyikapinya dengan menyediakan gambar dan video yang bagus dan lengkap dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pada profil daerahnya. Dokumentasi menggunakan drone menjadi salah satu solusi tepat.

Dokumentasi foto & video dari udara dengan menggunakan wahana kamera drone, menggantikan posisi helikopter atau peralatan lain yang sejenis yang dapat menelan biaya sangat tinggi untuk sekali beroperasi atau mengudara, berbeda dengan wahana kamera layang/terbang yang mampu manuver terbang rendah, dan dapat mendokumentasikan photo atau video dari tempat atau lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh tenaga manusia, dengan biaya operasional atau tarif yang relatif lebih terjangkau dengan hasil kerja yang lebih bagus.

Keunggulan dokumentasi menggunakan Drone, antara lain:
1. Drone mampu manuver terbang rendah di luar ruang (outdoor) maupun di dalam ruang (indoor).
2. Drone dapat mendokumentasikan foto atau video dari tempat atau lokasi yang susah dijangkau oleh tenaga manusia, seperti tebing curam, pantai, dsb.
3. Dikendalikan dari jarak jauh (remote) sehingga lebih aman bagi manusia.
4. Biaya operasional atau tarif yang relatif terjangkau.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Drone Dokumentasi

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami