Pelatihan TI dan SDM – FISIP UNDIP Semarang – Pelatihan Jurnalistik Media Cetak dan Online


Diterbitkan pada : 27 Apr 2018

Perkembangan media cetak ke media digital atau online memberikan pengaruh pada jurnalistik. Jurnalistik media cetak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor verbal (menekankan pada mepimilihan dan penyusunan kalimat dan paragraf yang efektif dan komunikatif) dan visual (menekankan pada penataan, penempatan, desain tata letak atau hal-hal yang menyangkut segi perwajahan). Sementara jurnalistik media online lebih menekankan pada kecepatan updating berita. Berangkat dari sini, Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang mengirimkan dosen-dosen terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Jurnalistik Media Cetak dan Online di Smile Group Yogyakarta.

Media penyampai informasi merupakan salah satu hal penting dalam sebuah organisasi atau instansi, baik berupa media cetak (koran, tabloid, majalah, dsb) maupun media online (internet atau website). Media cetak maupun online memiliki tugas utama sebagai penyampai informasi sekaligus cermin sebuah aktivitas organisasi atau instansi. Pembuatan media informasi adalah hal yang tidak bisa dihindari. Namun permasalahan yang sering kali muncul adalah bagaimana cara melakukan maintenance sebuah media informasi. Hal ini terkait dengan kemampuan penulisan atau jurnalistik para staf pengampu media informasi. Kemampuan ini meliputi penguasaan teknik penulisan, kode etik, serta kemampuan membuat tulisan dan ilustrasi yang menarik minat baca.

Materi pelatihan meliputi: Pengantar Jurnalistik, Ciri dan Elemen Jurnalistik, Jurnalistik cetak dan online, Teknik penulisan media massa, Teknik penggalian informasi dan Wawancara, Kode etik jurnalistik, dan Karakteristik dan psikologi pembaca.

Target pelatihan: Peserta mampu memahami hal-hal terkait jurnalistik media cetak maupun online, memahami penulisan berita, artikel, feature, dan laporan, dan mampu membuat media informasi menjadi lebih menarik dan informatif.

Pelatihan Jurnalistik Media Cetak dan Online diselenggarakan oleh Smile Group Yogyakarta pada tanggal 26-27 April 2018 bertempat di kantor Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta dan jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Sleman, DIY.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Jurnalistik

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami