Dinas PUPR Halmahera Utara ikuti Pelatihan WebGIS


Diterbitkan pada : 12 May 2018

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara mengirimkan beberapa pegawai terbaiknya guna mengikuti Pelatihan WebGIS atau MapServer di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan diselenggarakan oleh Smile Group Yogyakarta pada tanggal 8-12 Mei 2018 bertempat di kantor Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta dan jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Sleman, DIY.

MapServer adalah applikasi Open Source yang memungkinkan sebuah data peta diakses melalui web (web based). Hadirnya MapServer menjadikan pekerjaan membuat Peta Digital menjadi lebih mudah dan interaktif. Interaktif peta disini diartikan bahwa pengguna dapat dengan mudah melihat dan mengubah tampilan peta seperti zoom, rotate, dan menampilkan informasi (seperti menampilkan info jalan) dan analisis( seperti menentukan rute perjalanan) pada permukaan geografi. Fungsi utama dari MapServer adalah melakukan pembacaan data dari banyak sumber dan menempatkannya kedalam layer-layer secara bersamaan menjadi file graphic. Salah satu layernya bisa saja berupa gambar satelit. Setiap layer saling overlay satu dengan lainnya dan ditampilkan kedalam web browser.

Materi pelatihan webGIS meliputi: Pengenalan dan Konfigurasi MapServer, File yang berhubungan dengan MapServer, membagi Layer dalam Kelas, menampilkan Atribut Label pada layer dan Membuat tools pada penyajian peta, query, PHP script, postgreSQL dan PostGIS.

Target dari Pelatihan webGIS: Peserta mampu menyediakan informasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan, membuatan Peta Digital yang lebih mudah dan interaktif dan Pengolahan Basic Data Spasial.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami