Pelatihan TI dan SDM – Setda Provinsi Kaltara – Pelatihan Perpajakan, Penyusunan Renstra, Renja dan LAKIP


Diterbitkan pada : 12 Sep 2018

Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara mengirimkan beberapa pegawai terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Perpajakan, Penyusunan Renstra, Renja dan LAKIP di Smile Group. Pelatihan berlangsung tanggal 10-12 September 2018 bertempat di Smile Group Building, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-R5 & A2, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelatihan instansi pemerintah dicover oleh para pemateri yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya dari unsur akademisi, praktisi, dan eksekutif pemerintah daerah.

Penyelenggaraan pemerintahan negara mewujudkan tujuan bernegara harus dilakukan dalam sistem pengelolaan keuangan negara secara profesional, terbuka, dan bertanggung jawab yang diwujudkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan perkembangan kebutuhan pengelolaan keuangan negara, semakin penting fungsi perbendaharaan dalam rangka pengelolaan sumber daya keuangan pemerintah yang terbatas secara efisien. Era global menuntut untuk mengelola perbendaharaan secara cepat, tepat, terencana, komprehensif, dan terintegrasi. Pengelolaan keuangan kantor memiliki peran dan fungsi yang strategis. Kredibilitas pemegang keuangan, kemampuan keilmuan SDM, serta sistem administrasi keuangan akan sangat berpengaruh pada kesehatan manajemen kantor. Pencatatan keuangan, pengolahan data keuangan, serta pembuatan laporan keuangan yang benar dan cepat sangat dibutuhkan. Pelatihan ini mengajarkan berbagai hal yang menjadi tuntutan seorang bendahara dalam mengelola keuangan dengan memanfaatkan peran komputer secara optimal.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah instrumen yang digunakan instansi pemerintah dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggujawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi yang terdiri dari berbagai komponen yg merupakan suatu kesatuan yaitu perencanaan stratejik, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja dan pelaporan kinerja. Untuk meningkatkan pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdayaguna, berhasilguna, bersih dan bertanggungjawaban dan untuk lebih memantapkan pelaksanaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai misi dan tujuan instansi pemerintah, serta dalam rangka perwujudan good governance, telah dikembangkan media pertanggungjawaban Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Bidang penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan penyusunan Rencana Kinerja (Renja) menjadi bagian penting dari sebuah Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD). Renstra memuat visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, dan program kerja. Sedangkan Renja menafsirkan Renstra dan menentukan rencana kerja agar sasaran dan target dapat tercapai. Beberapa hal tersebut wajib dipahami oleh para pimpinan dan pemegang jabatan strategis dalam sebuah SKPD. Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang selanjutnya disingkat dengan RENSTRA SKPD adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode lima (5) tahun, yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah serta berpedoman kepada RPJM Daerah dan bersifat indikatif. Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang selanjutnya disingkat dengan Renja SKPD adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode satu (1) tahun, yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat. Pelatihan instansi pemerintah yang diselenggarakan Smile Group memberikan pengetahuan dan kemampuan pada pegawai untuk meningkatkan kinerja dibidang renstra maupun renja.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Pelatihan Pemerintah

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami