Pengembangan SDM – Politeknik Negeri Balikpapan – Pelatihan Manajemen Keuangan


Diterbitkan pada : 25 Oct 2018

Manajemen keuangan adalah kegiatan pengelolaan dana yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi, yang meliputi kegiatan pencarian, pengelolaan dan penyimpanan dana. Tujuan manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan, antara lain dengan mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan, karena itu merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahan. Untuk itu Politeknik Negeri Balikpapan mengirimkan SDM terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Manajemen Keuangan. Pelatihan berlangsung selama 3 hari tanggal 23-25 Oktober 2018 bertempat di gedung Smile Group, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Sleman, DIY.


Pelatihan manajemen keuangan meliputi Perencanaan Keuangan, yakni membuat rencana pemasukan dan pengeluaran serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu, Penganggaran Keuangan, yakni tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan, Pengelolaan Keuangan, yakni menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara, Pencarian Keuangan, yakni mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan: Penyimpanan Keuangan, yakni mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut, Pengendalian Keuangan, yakni melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan system keuangan pada perusahaan, Pemeriksaan Keuangan, yakni melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan, serta Pelaporan Keuangan, yakni penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagi bahan evaluasi.

Analisis sumber dana atau analisis dana merupakan hal yang sangat penting bagi manajer keuangan. Alat analisis yang bias digunakan untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan adalah analisis rasio dan proporsional. Langkah pertama dalam analisis sumber dana adalah laporan perubahan yang disusun atas dasar dua neraca untuk dua waktu. Pada umumnya rasio keuangan dihitung menjadi 6 jenis, antara lain: Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Akitivitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Pertumbuhan, dan Rasio Penialaian.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Pelatihan Manajemen Keuangan

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami