Pelatihan TI – BP4 Kabupaten Raja Ampat – Pelatihan SIG Tingkat Lanjut


Diterbitkan pada : 28 Sep 2019

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan atau BP4 Kabupaten Raja ampat Provinsi Papua Barat mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Geografis atau SIG Tingkat Lanjut di Smile Group Yogyakarta. Sebanyak tujuh peserta dari BP4 Raja Ampat antusias mengikuti pelatihan Geographic Information System atau GIS selama 5 hari, tanggal 23-27 September 2019. Pelatihan khusus instansi ini berlangsung di gedung Smile Group, jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Yogyakarta. Training GIS dipandu oleh para pengajar profesional dari jam 08:30 sampai jam 15:00 WIB.

Dalam rangka membekali peserta dengan pengetahuan metode analisis spasial, memberikan keterampilan analisis dan sintesis data spasial dan atribut, serta membuat pemodelan spasial untuk berbagai aplikasi, Smile Group sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan instansi di Yogyakarta memberikan beberapa submateri antara lain: Konsep GIS Analysist, Analisis spasial, basis data GIS, Analisis Geoprocessing, pemodelan overlay dan jaringan dan 3 Dimension Analysist serta beberapa materi lainnya sehingga peserta mendapatkan hasil konkrit dari pelaithan ini.

GIS (Geographic Information System) atau di Indonesia dikenal SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah sistem aplikasi untuk pengelolaan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan) yang dirancang untuk bekerja dengan data yang berkoordinat geografi. Sebagai sistem yang mampu menyajikan informasi spasial, peranan GIS sangat menentukan kualitas pengambilan keputusan dan kebijakan mengenai ruang/ wilayah. Untuk dapat memanfaatkan data GIS untuk perencanaan dan pengambilan keputusan, maka dibutuhkan data dan analis GIS yang akan membuat pemodelan data spasial. Fokus pelatihan adalah pengolahan data dan simulasi lebih banyak lagi dengan menggunakan Arc ToolBox dan tambahan software lain yang dibutuhkan dalam pemrosesan lanjut data-data spasial.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Singkat, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami