Pelatihan SDM – Dinkes Kota Bandung – Workshop Perencanaan Pengembangan Puskesmas


Diterbitkan pada : 18 Oct 2019

Pada tanggal 16-18 Oktober 2019 Smile Group menyelenggarakan Workshop Perencanaan Pengembangan Puskesmas bertempat di hotel Tirtagangga, Cipanas, Garut, Jawa Barat. Peserta antara lain dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat. Sebagaimana diketahui, bahwa menurut Peraturan Menteri Kesehatan nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan bahwa kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Seseorang tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya jika berada dalam kondisi tidak sehat. Sehingga kesehatan merupakan modal setiap individu untuk meneruskan kehidupannya secara layak. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Sebagai suatu kebutuhan dasar, setiap individu bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga pada dasarnya pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan adalah tanggung jawab setiap warganegara.

Untuk itu seluruh elemen perlu bersatu padu berbenah untuk bersama-sama menuju pencapaian target-target Standar Pelayanan Minimal (SPM), termasuk di dalamnya adalah pemenuhan sumber daya manusia kesehatan terutama di level Puskesmas sesuai Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama akan menjadi unit terdepan dalam upaya pencapaian target-target SPM. Maka perencanaan dan pengembangan Puskesmas mutlak diperlukan dalam rangka pencapaiak target SPM.

Dengan materi Pengembangan Puskesmas, Prinsip perencanaan pengembangan Puskesmas, dan Pengembangan Puskesmas (fisik bidang kesehatan, non fisik bidang kesehatan, fasilitas dan SDM) maka diharapkan setelah pelatihan ini para peserta dapat menyusun sebuah Rencana Pengembangan Puskesmas dengan baik dan benar. (hd)

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi, Workshop
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami