Pelatihan TI – BKDPSDM Kab. Banjar Provinsi Kalsel – Pelatihan Pembuatan Peta Potensi dan Kompetensi Pegawai Menggunakan WebGIS


Diterbitkan pada : 22 Nov 2019

Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKDPSDM Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti Pelatihan Pembuatan Peta Potensi dan Kompetensi Pegawai Menggunakan WebGIS yang diselenggarakan oleh Smile Group, lembaga pendidikan dan pelatihan khusus instansi, Yogyakarta. Pelatihan berlangsung tanggal 30 September sampai dengan 4 Oktober 2019 bertempat di gedung Smile Group beralamat di Jl. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati R3-R5 & A2 Mlati Yogyakarta. Pelatihan Pemetaan Potensi Pegawai Menggunakan WebGIS diampu oleh para pemateri berpengalaman di Smile Group.

Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisis data. Aplikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah aplikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman aplikasinya. Pengembangan aplikasi GIS ke depannya mengarah kepada aplikasi berbasis web yang dikenal dengan Web GIS. Hal ini sebagai konsekuensi atas pengembangan aplikasi di lingkungan jaringan yang telah menunjukan potensi besar dalam kaitannya dengan geo informasi. Sebagai contoh adalah peta online persebaran sekolah pada suatu daerah yang dapat dipantau melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. Secara umum GIS dikembangkan berdasarkan pada prinsip input/masukan data, manajemen, analisis dan representasi data.

Materi pelatihan WebGIS meliputi Pengenalan dan Konfigurasi ArcGIS, On Screen Digitizing, Atribut Tabel dan Tabel pada Peta, Google MyMaps, dan ArcGIS Online. Setelah mengikuti pelatihan WebGIS ini diharapkan para peserta mampu menyediakan informasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan, meningkatkan kualitas SDM bidang pemetaan, serta pembuatan Peta Potensi pegawaidan Pemetaan Penyebarannya.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Komputer, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami