Dinas Kehutanan dan Pertanahan Kabupaten Tapanuli Selatan Pelatihan GIS


Diterbitkan pada : 15 Jan 2010

gis tapanuli selatanMuda, lugas dan bersemangat. Itulah gambaran peserta pelatihan yang satu ini. Namanya Bapak Rudi Alam Gaus dari Kantor Badan Pertanahan dan Kehutanan kabupaten Tapanuli Selatan. Ketika berangkat ke Jogja untuk pelatihan GIS (Geographic Information System) atau SIG (Sistem Informasi Geografi), sempat ragu karena belum pernah ke Jogja dan Smile Group. Tapi ketika sampai di bandara Adisucipto dijemput oleh Mr Iman untuk diantar ke hotel, maka keyakinan dan kepercayaan diri meningkat. Maka mulai Senin sampai Rabu tanggal 11 sampai 13 Januari 2010 setiap jam 08.00-15.00 WIB mengikuti pelatihan GIS dengan lancar. Pemateri GIS adalah Mr Ardi. Pelatihan GIS basic operator ini menggunakan beberapa software, yang memiliki berbagai kelebihan untuk mendapatkan tujuan yang sama yaitu Map Info dan Global Mapper.

Map info merupakan software yang banyak digunakan pada pelatihan  GIS kali ini. Map Info merupakan software yang simple dan mudah dipelajari, bekerja pada dua proyeksi yang berbeda (Geografi dan UTM), easy to draw object, easy in database management. Global Mapper merupakan sofware GIS yang fleksibel. Artinya Global Mapper bisa membuka banyak ekstensi file GIS dan juga mengeksport ke semua aplikasi GIS. Selain itu Global Mapper juga mampu membuat kenampakan 3D sebuah peta dan juga membuat kontur dari satelit (SRTM). Sementara materi pelatihan antara lain: Dasar-dasar Kartografi, Pengantar GIS, Instalasi, GPS, Penginderaan Jauh, Input Data, Manajemen Basis Data, Dasar-dasar Analisis Data dan Pemodelan Spasial, Output dan Penyusunan Layout Peta, serta Pencetakan Peta.

Ketika acara Makan Malam tiba, ternyata Pak Rudi jago nyanyi juga. Lagu-lagu ST12 dilahap semua. ”Jangan lupa foto-fotonya dikirim via e-mail”’ itu pesan pak Rudi ketika pulang dari wisata ke Candi Prambanan. ”Siap, pak!”

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pendidikan, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami