Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kab Konawe – Sultra Pelatihan GIS


Diterbitkan pada : 15 Mar 2010

pu konawe gismakan siang di soto kudusDalam rangka peningkatan sistem informasi geografis di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten Konawe – Sulawesi Tenggara, mengirim 2 (dua) orang SDM untuk mengikuti pelatihan GIS (Geographic Information System) di lembaga pendidikan Smile Group Yogyakarta, tanggal 15 – 20 Maret 2010. Mereka adalah Bp Ir. Saiful Bakhri, M Si. dan Bp Uun Supriyadi, ST. “Kita minta diajarkan GIS dari dasar dan jangan cepat-cepat, biar kami paham”, demikian Bp Saiful memberikan pengertian kepada instruktur Smile Group. “Beres. Siap, Pak. Kami menyediakan staf pengajar kami yang terbaik di bidang GIS, yaitu Mr Ardi yang kemampuan dan kesabarannya sudah teruji,” demikian Mr Huda mewakili manajemen Smile Group memberikan jaminan kepada peserta.

Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System, GIS) adalah sistem informasi yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.
Teknologi Sistem Informasi Geografis banyak dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan suatu wilayah. Sebagai contoh SIG dapat digunakan untuk pengelolaan sumber daya, investigasi ilmiah, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Demikian pula SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.

Materi pelatihan GIS: Dasar-dasar Kartografi, Pengantar GIS, , Instalasi, GPS, Penginderaan Jauh, Input Data, Manajemen Basis Data, Dasar-dasar Analisis Data dan Pemodelan Spasial, Output dan Penyusunan Layout Peta, Pencetakan Peta

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pelatihan Instansi, Teknologi Informasi
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami