Dinas Tata Kota & Pengawas Bangunan Pemkot Bengkulu Pelatihan GIS


Diterbitkan pada : 07 May 2010

Training GIS Kota BengkuluDalam rangka review sekaligus menambah pengetahuan tentang Sistem Informasi Geografi (SIG) atau Geographic Information System (GIS), Dinas Tata Kota & Pengawas Bangunan Pemerintah Kota Bengkulu mengirim salah satu SDM terbaiknya, yakni Bp Drs. Harmes, NT guna mengikuti Pelatihan GIS di SMILE GROUP Yogyakarta. Pelatihan berlangsung selama tanggal 3 Mei sampai dengan 19 Juni 2010. Pelatihan dipandu oleh salah seorang pengajar GIS terbaik di SMILE GROUP, yakni Mr Ardi.

Selain me-review materi GIS dasar, juga mempelajari materi GIS tingkat menengah dan lanjut. Sebagai pegawai di Dinas Tata Kota & Pengawas Bangunan Pemerintah Kota Bengkulu, Bp Harmes sudah sangat familiar dengan GIS. Namun tentunya selama berdinas, ada beberapa permasalahan dalam operasional GIS. Pada pelatihan tersebut, dibahas juga masalah-masalah tersebut.

Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) diartikan sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya. Pelatihan GIS tingkat menengah di SMILE GROUP memberikan solusi kesulitan peserta yang ditemui ketika di tempat kerjanya.

Aplikasi SIG dapat digunakan untuk berbagai kepentingan selama data yang diolah memiliki refrensi geografi, maksudnya data tersebut terdiri dari fenomena atau objek yang dapat disajikan dalam bentuk fisik serta memiliki lokasi keruangan (Indrawati, 2002).

Tujuan pokok dari pemanfaatan Sistem Informasi Geografis adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Ciri utama data yang bisa dimanfaatkan dalam Sistem Informasi Geografis adalah data yang telah terikat dengan lokasi dan merupakan data dasar yang belum dispesifikasi (Dulbahri, 1993).

Materi yang dipelajari pada pelatihan GIS ini antara lain:

Dasar-dasar Kartografi, Pengantar Sistem Informasi Geografis (SIG), Instalasi Perangkat Keras dan Lunak, Global Positioning System (GPS), Input Data, Manajemen Basis Data, Dasar-dasar Analisis Data dan Pemodelan Spasial, Output dan Penyusunan Layout Peta, Kerja Praktek Mandiri, Pengantar Geografi, Pengantar Penginderaan Jauh, SIG (review), Input dan Karakteristik Data Raster dan vektor, 3D Analist, Spasial Analist, Network Analist, Animasi, Studi Kasus

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pelatihan Instansi, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami