Sarasehan Pemanfaatan SIG untuk Bidang Pertanian dan Perkebunan


Diterbitkan pada : 20 Jul 2013

Sarasehan Pemanfaatan SIG untuk bidang Pertanian dan PerkebunanYogyakarta – Smile IT Day, ini merupakan acara positif yang digelar oleh Smile Group dengan mengambil tema “Sarasehan Pemanfaatan SIG (sistem informasi geografis) untuk bidang pertanian dan perkebunan” pada tanggal 19 Juli 2013 pukul 15.00 – 17.30 (Maghrib) dilanjutkan dengan buka bersama dan ramah tamah.  Smile IT Day diikuti tidak kurang dari 11 pejabat instansi terkait dengan segala permasalahan yang ada. Maksut dari sarasehan ini adalah mencoba membahas permasalahan khusunya tentang data, apa bagaimana mengolah data tersebut sehingga bisa dijadikan sebagai pengambilan suatu kebijakan. Sistem Informasi Geografis (SIG) kita kenalkan kepada peserta sarasehan sebagai sistem yang mampu menyelesaikan segala permasalahan yang ada, tentu saja dengan pemahaman user yang benar.

Sarasehan Pemanfaatan SIG untuk bidang Pertanian dan Perkebunan

SIG adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja berbasis data yang bereferensi keruangan spasial atau berkoordinat geografi. Sumber data untuk keperluan SIG dapat berasal dari data citra, data survey lapangan, survey kelautan, peta, sosial ekonomi, dan GPS. Selanjutnya diolah di laboratorium atau studio SIG dengan software tertentu sesuai dengan kebutuhannya untuk menghasilkan produk berupa informasi yang berguna, bisa berupa peta konvensional, maupun peta digital sesuai keperluan user. Dengan sistem ini pula proses penjelasan suatu peristiwa, peramalan kejadian dan perencanaan akan semakin ringkas, sederhana dan menyeluruh sehingga tindakan pengambilan keputusan yang mendasarkan diri pada aspek-aspek informasi seperti ini akan sangat terbantu.
Dalam dunia yang serba digital sekarang ini, sistem informasi geografis pun bisa dimanfaatkan oleh dan untuk petani. Untuk membangun SIG pertanian sangat dimungkinkan karena syarat-syarat geografis jelas bisa terpenuhi. Lokasi lahan pertanian bisa diubah menjadi data alamat atau data koordinat yang berguna dalam penentuan titik lokasi pada peta. Tentu dibutuhkan pula data-data lainnya seperti misalnya jenis komoditas pertanian, luas lahan, kuantitas dan kualitas hasil panen, pasar terdekat atau pasar yang paling potensial dan tingkat harga pada waktu tertentu. Smile IT Day menggali semua informasi dari semua permasalahan dinas terkait sehingga nantinya smile bisa mendevelope sistem informasi yang mudah digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pendidikan, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami