Pelatihan Manajemen Pergudangan dan Penggilingan Padi – Ministry of Commerce, Industry and Environment (MCIA) Timor Leste


Diterbitkan pada : 24 Dec 2016

manajemen-pergudangan-dan-penggilingan-padiGuna meningkatkan kinerja pada bagian pergudangan dan pengelolaan penggilingan padi, Ministry of Commerce, Industry and Environment (MCIA) Timor Leste mengirimkan beberapa pegawai terbaiknya mengikuti pelatihan Manajemen Pergudangan dan Penggilingan Padi di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan berlangsung tanggal 14-18 November 2016. Pelatihan meliputi teori dan praktik serta kunjungan atau studi banding ke beberapa lokasi terkait dengan materi pelatihan.

Pelatihan dicover oleh beberapa pemateri terbaik di bidang manajemen pergudangan dan penggilingan padi, antara lain dari Badan Urusan Logistik (BULOG Daerah Istimewa Yogyakarta dan dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Yogyakarta serta beberapa praktisi pergudangan dan penggilingan padi. Pelatihan teori dilaksanakan di gedung Smile Group dan kunjungan atau studi banding diarahkan ke gudang padi BULOG serta penggilingan padi modern di Bantul.
penggilingan-padi-tradisional
Manajemen pergudangan adalah suatu tatanan untuk mengelola pergudangan dan pendistribusian barang-barang agar tersimpan tetap dalam keadaan baik dan didistribusikan kepada para pihak yang memerlukan pada waktu, spesifikasi, dan jumlah yang tepat. Adapun yang termasuk pada ruang lingkup pergudangan yaitu manajemen pergudangan sebagai fungsi penerimaan barang, manajemen pergudangan sebagai fungsi penyimpanan barang, dan manajemen pergudangan sebagai fungsi pengeluaran barang.

Pengilingan padi adalah salah satu sarana tindak lanjut dari hasil pertanian yaitu berupa padi kering dari sawah. Penggilingan padi ini dapat membantu para petani, khususnya para petani padi untuk menindaklanjuti hasil panen dari petani tersebut guna membuat hasil panen tersebut menjadi bertambah nilai jualnya. Studi kasus komprehensif atau multiple case study terhadap penggilingan padi mencermati aktivitas dan manajemen usaha penggilingan padi guna mengidentifikasi variabel kunci yang mempengaruhi kinerja usaha penggilingan padi. Jenis usaha, harga input dan output, dan manajemen pengolahan hasil sampingan akan menjadi variabel kunci yang menentukan kinerja penggilingan.
manajemen-pergudangan
Setelah mengikuti pelatihan dan kunjungan ini, diharapkan peserta semakin mahir dalam pengelolaan gudang serta memahami manajemen penggilingan padi. Outcome kegiatan: pengelolaan gudang menjadi semakin rapi dan dapat dipertanggungjawabkan serta para pegawai di MCIA siap mendampingi pengusaha penggilingan padi agar lebih modern dan efisien.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Teknologi Informasi
Keyword : ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami