Pelatihan TI dan SDM – LPMP Papua Barat Pelatihan Analisa Data Statistik dengan SPSS dan Monev


Diterbitkan pada : 11 Dec 2020

Selama 3 hari, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua Barat mengikuti Pelatihan Analisa Data Statistik dengan SPSS dan Monev di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan berlangsung tanggal 9-11 Desember 2020 bertempat di gedung Smile Group, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Sleman, DIY. Pelatihan dicover oleh para pemateri terbaik di bidangnya. Pelatihan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

SPSS (Statistical Program for Social Science) merupakan software aplikasi statistik yang populer bagi karena SPSS dapat membantu pengolahan data dan pengujian hipotesis untuk berbagai uji dan analisis dalam statistika, seperti uji t, uji F, uji-uji non parametrik, analisis regresi, korelasi, dan multivariat dan lain-lain. SPSS merupakan aplikasi statistik paling populer dengan berbagai alat analisis yang cukup lengkap dan mampu memproses data statistik secara cepat dan tepat, menjadikan berbagai output yang dikehendaki para pengambil keputusan. Dalam penelitian, pengolahan dan penganalisisan data memegang peranan penting. Data yang telah dikumpulkan terkadang sulit ditafsirkan, oleh karena itu data tersebut perlu disajikan dalam bentuk sebuah tabel atau diagram (grafik).
Setiap program yang berjalan membutuhkan monitoring dan pada akhirnya harus dievalusi. Karena monitoring dan evaluasi (MONEV) merupakan bagian dari sebuah siklus program. Keduanya memberikan kesempatan untuk membuktikan dampak dari kebijakan atau program yang dijalankan. Kegiatan monev merupakan instrumen untuk memastikan bahwa kegiatan tetap berjalan sesuai jalur yang semestinya. Berbagai model monitoring dan evaluasi dikembangkan untuk mendapatkan model yang ideal dan tepat untuk dijalankan pada suatu program/proyek. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan bisa dipilih sesuai dengan tujuan.

Bahwa monitoring merupakan suatu kegiatan mengamati secara seksama suatu keadaan atau kondisi, termasuk juga perilaku atau kegiatan tertentu, dengan tujuan agar semua data masukan atau informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan tersebut dapat menjadi landasan dalam mengambil keputusan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Tindakan tersebut diperlukan seandainya hasil pengamatan menunjukkan adanya hal atau kondisi yang tidak sesuai dengan yang direncanakan semula. Tujuan Monitoring untuk mengamati/ mengetahui perkembangan dan kemajuan, identifikasi dan permasalahan serta antisipasi atau upaya pemecahannya.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien Kami

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami