Pelatihan Online – Dinas Kominfo Kabupaten Gunung Mas Pelatihan Online TI


Diterbitkan pada : 12 Oct 2021

Teknologi informasi berkembang terus seiring kemajuan jaman dan kompleksitas kebutuhan manusia. Menyadari hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Kabupaten Gunung Mas secara rutin mengirimkan pegawainya mengikuti pelatihan teknologi informasi, termasuk di Smile Group Yogyakarta. Di saat pandemi, pelatihan untuk pegawai dilaksanakan secara daring atau online. Untuk periode kali ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yakni tanggal 5-7 Oktober 2021 dengan materi Pemrograman Android for Developer dan tanggal 6-8 Oktober 2021 dengan materi Pengelolaan Website Pemda/OPD. Pelatihan online dilaksanakan dengan mengoptimalkan aplikasi Zoom meeting dan Moodle learning management system.

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang bahasa pemrograman aplikasinya dapat dibuat menggunakan Java. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Training Pemrograman Android ini menfokuskan pada penggunaan bahasa pemrograman Java untuk membangun aplikasi di Platform Ponsel Cerdas (Smartphone), Instalasi Android SDK, Konsep Pemrograman Android, Object dan Komponen Form, Design Layout, 2D dan Multimedia.

Website Pemda atau OPD sangat penting bagi peningkatan bagi penyebaruasan informasi secara online kepada seluruh masyarakat terkait data-data atau potensi yang ada, sehingga masyarakat dengan mudah memperoleh informasi yang dihasilkan oleh tiap-tiap OPD secara efektif dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel dan parsitipasif sesuai amanat Keterbukaan Informasi Publik. Guna mengaktifkan website maka memerlukan SDM yang memiliki kemampuan dan kemauan di bidang pengelolaan website, sehingga diperlukan pelatihan tentang pengalolaan website. Pengelolaan website dilakukan oleh administrator yang bertugas menjamin kelancaran sebuah website dan mengatasi gangguan-gangguan pada website karena hacking, virus, expired, dsb.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Kegiatan Pelatihan Online, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami