RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus – Pelatihan Maintenance dan Jaringan Komputer di Yogyakarta


Diterbitkan pada : 22 Mar 2017

RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus mengirimkan beberapa SDM terbaiknya mengikuti Pelatihan Maintenance dan Jaringan Komputer di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan berlangsung selama 5 (lima) hari tanggal 21-25 Maret 2017 bertempat di gedung Smile Group, jalan Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta. Materi meliputi pelatihan Jaringan Linux Server dan pelatihan Maintenance Komputer Perkantoran. Pelatihan menggunakan metode teori 30 persen dan praktik 70 persen.

Sebagaimana diketahui, bahwa penggunaan perangkat komputer senantiasa tidak lepas dari masalah instalasi sistem operasi dan program aplikasi, penambahan/upgrade hardware, maintenance/perawatan dan perbaikan apabila terjadi kerusakan. Sebuah instansi atau kantor tidak bisa selamanya bergantung pada pihak ketiga untuk mengatasi masalah tersebut. Dibutuhkan banyak waktu dan biaya apabila suatu instansi bergantung pada pihak ketiga untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat dan kinerja komputer. Selain itu ada faktor yang penting dijaga, yakni keamanan data pada komputer bermasalah yang diserahkan perbaikannya kepada pihak ketiga. Maka diperlukan tenaga operasional internal kantor yang sekaligus memahami masalah teknis komputer.

Program pelatihan ini memadukan materi software dan hardware sehingga peserta pelatihan mampu menganalisis kerusakan dan memperbaiki komputer di lingkungan kantor. Materi meliputi: Pengantar hardware komputer, Manajemen harddisk dan instalasi sistem operasi, Instalasi program aplikasi dan program Utility, Backup dan recovery data, Virus dan antivirus, Remastering dan instalasi cepat, Analisis kerusakan dan trouble shooting.

Linux adalah salah satu software sistem operasi yang banyak digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Linux banyak dipilih karena alasan kemudahan, kestabilan dan keamanan yang sudah teruji oleh banyak administrator jaringan di seluruh dunia. Disamping tentu saja karena sifat Linux sebagai sistem operasi gratis (freeware) dan terbuka (open source). Pelatihan administrator jaringan linux ini, akan memberikan bekal dan pemahaman yang cukup kepada peserta tentang konsep dan implementasi jaringan komputer berbasis sistem operasi Linux. Peserta akan dibimbing teknik instalasi, konfigurasi, pemeliharaan dan monitoring jaringan komputer (networking) berbasis Linux.
Materi pelatihan meliputi: Pengenalan jaringan komputer (LAN), Pengkabelan, instalasi Linux, command line interface, administrasi users & groups, hak akses file, konfigurasi alamat IP, instalasi dan konfigurasi DHCP, Berbagi sumber daya komputer (NFS, Samba), koneksi dan routing internet.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Komputer, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami