Pelatihan TI – Yayasan Anugrah Bangsa ANSA Semarang – Pelatihan Drone untuk Pemetaan


Diterbitkan pada : 11 Sep 2018

Sebagai yayasan yang modern dan berkembang pesat, Yayasan Anugrah Bangsa “ANSA” Semarang sangat antusias mengikuti perkembangan Teknologi Informasi, termasuk pemanfaatan drone untuk pertanian dan perkebunan. Untuk itu Yayasan Anugrah Bangsa “ANSA” Semarang mengikuti Pelatihan Drone untuk Pemetaan yang diselenggarakan oleh Smile Group. Pelatihan diselenggarakan tanggal 10-11 September 2018 bertempat di Smile Group Building, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-R5 & A2, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelatihan meliputi teori 30% dan praktik penerbangan drone dan pemetaan 70%.

Survei wilayah dan pemetaan dengan menggunakan UAV/Drone akhir-akhir ini berkembang sangat pesat seiring meningkatnya teknologi drone yang semakin canggih dan modern serta memakan biaya yang semakin murah dalam pengoperasiannya. UAV/Drone dinilai lebih praktis dalam merekam dan mengumpulkan data fotogrametri dan sangat memungkinkan untuk menghasilkan peta 3 dimensi. Di sisi lain, software pengolah data dari drone menjadi gambar atau citra dan peta juga berkembang sangat pesat. Maka membuat peta tematik sesuai kebutuhan instansi atau pengguna menjadi relatif mudah dan cepat.

Peta atau informasi geospasial adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer dan dijadikan Informasi Geospasial Tematik sesuai kebutuhan.

Di bidang pertanian dan perkebunan, drone memiliki banyak manfaat antara lain untuk membentu pemetaan kawasan, menghitung luasan, memantau keamanan lahan, serta untuk pemupukan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami