Pelatihan Drone Pemetaan – Dinas Kehutanan Provinsi Kaltara Pelatihan Pemetaan Tematik Menggunakan Drone


Diterbitkan pada : 29 Dec 2022


Untuk kesekian kali, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara mempercayakan kepada Smile Group sebagai lembaga diklat khusus instansi guna memberikan pelatihan kepada sdm di Dinhut Kaltara. Kali ini beberapa sdm diikutkan dalam Pelatihan Pemetaan Tematik Menggunakan UAV Drone. Pelatihan pembuatan peta tematik menggunakan drone berlangsung tanggal 22-26 November 2022 berlangsung di kantor Smile Group Yogyakarta, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan meliputi teori dan praktik, mulai operasional drone, pengambilan gambar menggunakan drone, hingga pengolahan gambar menjadi peta.

Survei wilayah dan pemetaan dengan menggunakan UAV/Drone akhir-akhir ini berkembang sangat pesat seiring meningkatnya teknologi drone yang semakin canggih dan modern serta memakan biaya yang semakin murah dalam pengoperasiannya. UAV/Drone dinilai lebih praktis dalam merekam dan mengumpulkan data fotogrametri dan sangat memungkinkan untuk menghasilkan peta 3 dimensi. Di sisi lain, software pengolah data dari drone menjadi gambar atau citra dan peta juga berkembang sangat pesat. Maka membuat peta tematik sesuai kebutuhan instansi atau pengguna menjadi relatif mudah dan cepat. Peta atau informasi geospasial adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer dan dijadikan Informasi Geospasial Tematik sesuai kebutuhan.

Materi pelatihan meliputi pengenalan dasar-dasar UAV/Drone, Permenhub No. 90 Tahun 2015, teori pemetaan udara dan UAV/Drone, praktik menerbangkan UAV/Drone, praktik lapangan pemetaan menggunakan UAV/Drone serta praktik pengolahan hasil foto udara menjadi Informasi Geospasial Tematik.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami