Pelatihan Pengelolaan UMKM – MCAE Timor Leste Pelatihan Pengelolaan UMKM


Diterbitkan pada : 26 Jul 2022

Secara umum, usaha yang dijalankan oleh masyarakat berskala kecil atau disebut UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian suatu negara. Apabila UMKM kuat maka perekonomian negara semakin tangguh karena tidak didominasi atau tergantung pada pelaku usaha besar. Hal ini sangat disadari oleh Coordinating Ministry of Economic Affairs (MCAE) Timor Leste, sehingga mengirimkan beberapa pegawai terbaiknya mengikuti Pelatihan Pengelolaan UMKM di Smile Group Yogyakarta. Materi pelatihan meliputi Studi Kelayakan UMKM, Monitoring dan Evaluasi Usaha serta Teknik Pembuatan Laporan. Pelatihan berlangsung tanggal 25-30 Juli 2022 bertempat di gedung Smile Group jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suatu usaha mulai dilaksanakan hingga sampai kepada keputusan bahwa gagasan usaha tersebut dapat dilaksanakan atau dibatalkan. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan identifikasi dan formulasi sampai dengan keputusan perlu tidaknya dilakukan studi kelayakan. Penyusunan studi kelayakan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di negara berkembang masih sangat jarang dilaksanakan. Hal ini disebabkan antara lain karena: Kondisi modal terbatas sedangkan biaya untuk menyusun studi kelayakan relatif tinggi.

Monitoring dan evaluasi merupakan salah satu cara untuk mengetahui kekurangan, kelemahan, dan kekuatan dalam segi perencanaan dan implementasi kegiatan / program. Pelaksanaan monitoring dapat dilakukan dengan berbagai cara, disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Untuk monitoring di tingkat lapangan dapat dilakukan dengan cara diskusi langsung secara intensif bersama para stakeholder yang terlibat dalam kegiatan, atau dengan presentasi setiap kegiatan oleh penerima manfaat pada waktu yang disepakati.

Teknik menulis laporan yang efektif hanya dapat diperoleh karena semakin sering menulis laporan baik laporan regular atau laporan pekerjaan lainnya. Terdapat berbagai metode dan cara dalam menulis laporan yang efektif untuk manajemrial. Laporan yang baik akan mencerminkan kinerja yang bersangkutan dan tentunya juga akan berpengaruh pada pengembangan karirnya di masa datang. Laporan yang baik harus jelas, obyektif, dan tepat sesuai dengan tujuannya.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pengembangan SDM
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami