Pengembangan SDM – BKPP Kota Banjarbaru Pelatihan SAKIP, Proses Bisnis & Manajemen, dan SOP


Diterbitkan pada : 11 Oct 2022

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kota Banjarbaru terus berbenah meningkatkan kapasitas pegawai dengan berbagai pelatihan tekologi informasi maupun pengambangan sdm. Salah satu pelatihan atau bimtek yang diikuti oleh para pegawai di BKPP adalah SAKIP, Proses Bisnis & Manajemen, dan SOP. Pelatihan berlangsung selama 3 hari tanggal 20-22 September 2022 di salah satu lembaga pelatihan khusus instansi, Smile Group. Pelatihan SAKIP, Proses Bisnis & Manajemen, dan SOP berlangsung di gedung Smile Group, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang selanjutnya disingkat SAKIP, adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. SAKIP atau Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Pedoman atau manual SOP adalah salah satu modal paling penting bagi organisasi untuk mengendalikan seluruh keputusan dan kegiatan yang dilakukannya dalam koridor yang sistematis dan efektif. Semakin besar organisasi, semakin besar pula tuntutan untuk mempunyai perangkat kontrol yang memadai. Aspek operasi harus sama baik dengan aspek administrasi. Sisi pendapatan harus juga sama baiknya dengan pengendalian biaya. Semua itu hanya bisa terwujud apabila organisasi memiliki panduan yang jelas tentang pengambilan keputusan dan kegiatannya.

Persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk lebih mampu memahami konsep pasar. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memenangkan pasar adalah bagaimana menghasilkan produk dengan kualitas terbaik tetapi dengan harga yang kompetitif, hal ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan memaksimalkan proses bisnis di perusahaan. Ketika perusahaan mampu mengurangi proses-proses yang tidak perlu dan mampu meningkatkan efisiensi disetiap proses, maka perusahaan akan mampu bersaing secara kompetitif. Proses Bisnis adalah diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pengembangan SDM
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami