Pengembangan SDM – SECOMS Timor Leste Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM


Diterbitkan pada : 25 Jan 2024

Peningkatan kapasitas sdm melalui pelatihan merupakan salah satu program yang terus dilakukan oleh Secretaria de Estado Para a Comunicacao Social atau SECOMS Timor Leste sebagai sebuah organisasi atau institusi baru. Pelatihan di bidang manajemen perkantoran maupun spesifik bidang penyiaran radio. Untuk itu pada tanggal 18 sampai dengan 22 Desember 2023, SECOMS mengirimkan beberapa sdm terbaiknya mengikuti pelatihan Effective Office Management (Digital Archive) dan Program Penyiaran Radio di Smile Group Yogyakarta.

Pelatihan meliputi mateeri teoritis dan praktis berlangsung setiap hari di gedung Smile Group jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan dipandu oleh para narasumber atau pelatih yang memiliki kompetensi dan pengalaman luar biasa di bidangnya.

Arsip digital atau sering disebut juga arsip elektronik merupakan arsip yang sudah mengalami perubahan bentuk fisik dari lembaran kertas menjadi lembaran elektronik atau disebut alih media. Sementara jika dikaitkan dengan istilah digitalisasi, digitalisasi adalah proses pemberian atau pemakaiansistem digital. Berdasarkan arti kata dari digital/digitalisasi, maka kaitan antara istilah digital/digitalisasi dengan arsip adalah dalam konteks medianya, yakni penyimpanan arsip dilakukan dalam bentuk digital, sehingga menjadi arsip digital/disebut sebagai arsip digital.

Program siaran adalah program yang berisi pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk suara, gambar, suara dan gambar, atau yang berbentuk grafis atau karakter, baik yang bersifat interaktif maupun tidak, yang disiarkan oleh lembaga penyiaran. Radio merupakan salah satu media penyampai informasi yang unik, dan sekarang sedang populer adalah podcast. Podcast merupakan salah satu sumber informasi yang tengah diminati masyarakat. Sayangnya, masih banyak penyiar radio atau podcaster yang masih belum memahami apa saja yang perlu dipersiapkan oleh seorang penyiar. Di kelas ini, anda akan mempelajari podcast atau siniar dari mulai hal-hal dasar untuk menjadi seorang penyiar radio dan siniar, persiapan pembuatan materi, persiapan pembuatan siniar, hingga pengelolaan siniar. Untuk menjadi seorang penyiar radio (reporter berita radio) dan siniar (podcast), seseorang perlu menguasai beberapa kompetensi dan keterampilan utama seperti teknik vokal dan pernapasan, kemampuan berkomunikasi yang baik, serta keahlian riset dalam pembuatan materi siaran itu sendiri. Selain itu, untuk dapat sukses berkarier di bidang penyiaran, seorang penyiar radio (reporter berita radio) dan siniar (podcast) juga perlu memahami segmentasi pasar dan niche(segmen pasar) dari konten siaran yang dibawakan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Komputer, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Timor Leste

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami