Pelatihan DKPS LED – Poltekkes Kemenkes Surakarta Pelatihan Pengisian LKPS/DKPS dan Penyusunan LED Akreditasi 9 Kriteria


Diterbitkan pada : 19 Feb 2024

Program Studi Diploma 3 Jurusan Terapi Wicara Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga diklat instansi Smile Group Yogyakarta. Kegiatan bertajuk Pelatihan Pengisian LKPS/DKPS dan Penyusunan LED Akreditasi 9 Kriteria berlangsung tanggal 16-17 Februari 2024 bertempat di kantor Smile Group di kawasan Kuantan Square Mlati Sleman, DIY. Pelatihan diikuti oleh 15 peserta dan dihandle oleh team asesor berpengalaman di bidang akreditasi perguruan tinggi di Yogyakarta.

Ketua Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta, Ig. Dodiet Aditya S, SKM, MPH dalam sambutannya menyampaikan arahan target dan sekaligus testimoni tentang pelatihan yang sama yang ditujukan untuk Prodi D4 yang memberikan hasil yang memuaskan sehingga mendapatkan Akreditasi Unggul.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu. Akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh BAN-PT dan akreditasi program studi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). LAM merupakan lembaga mandiri bentukan pemerintah atau lembaga mandiri bentukan masyarakat yang diakui oleh pemerintah atas rekomendasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) atau Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH) adalah lembaga akreditasi mandiri yang mulai beroperasi pada Maret 2015. Dengan berdirinya LAM-PTKes maka negara mendapatkan sistem penjaminan mutu yang lebih efektif karena LAM-PTKes bersifat non generic atau diciptakan kekhususan sesuai dengan profesi kedokteran/ kedokteran gigi dan bidang kesehatan lainnya. Artinya akreditasi yang diberikan LAM memiliki kekuatan dan pengakuan yang sama dengan akreditasi yang diberikan oleh BAN PT.

LED merupakan dokumen evaluasi yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan program studi, yang tidak hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami