Pelatihan Database Hotel Untuk Instansi Kementerian Pariwisata


Diterbitkan pada : 20 Aug 2014

Pelatihan DatabaseYogyakarta – Pada bulan Agustus ini kementerian pariwisata Timor Leste kembali mengirimkan 5 SDM terbaiknya untuk mengikuti pelatihan database di Smile Group Yogyakarta. SDM yang dimaksud adalah Bapak Fulgencio pinto, Ibu Maria Ernestina Lopes, Ibu Manuela Gomes, Ibu Adelina Barreto Q, dan Ibu Gracinda Cardoso. Mereka terlihat antusias sekali untuk mengikuti pelatihan database yang di jadwalkan mulai tanggal 13-22 Agustus 2014. Pada tanggal 18  Agustus kemarin diperkenalkan dengan Sistem Informasi Manajemen Pariwisata “SIMPARTA” yang di develop oleh Smile Group khusus untuk instansi pariwisata. SIMPARTA ini berfungsi sebagai directory sekaligus database yang terkait  dengan pariwisata dengan melibatkan stakeholder sebagai user, sekaligus pelaporan perkembangan pariwisata by sistem  setiap bulan/tahun yang bisa dijadikan sebagai langkah pengambilan keputusan.
Hotel adalah salah satu komponen yang mendukung pariwisata dan merupakan aset daerah karena dari sini pemerintah daerah bisa mendapatkan pajak dari setiap pelayanan yang disediakan oleh hotel. Keberadaan hotel perlu pendataan yang tersimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga bisa diolah dengan menggunakan suatu program komputer (software) yang mengelola dan memanggil query database yang disebut Database Management System (DBMS) atau “Sistem Manajemen Basis Data”.

Pelatihan Database

Kementerian pariwisata Timor Leste sedang mempersiapkan basis data/database hotel sehingga nantinya mudah untuk dijadikan dasar merancang sistem informasi pariwisata baik yang berbasis desktop maupun berbasis web. Selain pelatihan di dalam kelas juga dilakukan kunjungan ke beberapa tempat yang berpotensi untuk mendukung pariwisata dan bisa dipelajari mengenai pengelolaanya. Semoga pendeknya waktu pelatihan tidak mengurangi kualitas materi yang di dapat.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pendidikan, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami