Pelatihan GIS untuk Dinas Kehutanan, Perkebunan, Pertanian dan Peternakan Kabupaten Banggai Kepulauan


Diterbitkan pada : 08 Jun 2015

Pelatihan GIS dinas kehutanan, perkebunan, pertanian Yogyakarta – Kabupaten Banggai Kepulauan (BANGKEP) adalah wilayah kepulauan yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah. Daerah ini mempunyai potensi dan kekayaan alam yang mengagumkan, baik dari sektor laut yaitu perikanan maupun potensi alam berupa tambang dan sektor pertanian. Khususnya sektor pertanian perkebunan, Kabupaten BANGKEP mempunyai andalan berupa kelapa, cengkeh, kakao, dan jambu mete, serta buah-buahan seperti langsat, durian dan manggis. Potensi yang luar biasa ini harus dipetakan dan di kelola sacara maksimal supaya betul-betul menjadi penopang ekonomi di wilayah ini. Pemetaan dan analisa potensi lahan pertanian perkebunan menjadi perhatian khusus oleh Dinas kehutanan, perkebunan, pertanian dan peternakan. Degan pemetaan pemanfaatan lahan maka akan diketahui dengan mudah setiap potensi wilayah. GIS(Geographical Information System) atau lebih dikenal sistem informasi geografis adalah salah aplikasi yang di gunakan untuk pemetaan dan analisis potensi wilayah, untuk itu dinas kehutanan, perkebunan, pertanian dan peternakan merasa perlu mengikuti pelatihan GIS di smile group Yogyakata. Pelatihan ini dijadwalkan tanggal 1-5 juni 2015.

Pelatihan GIS untuk pertanian

Sekarang ini teknologi informasi komputer sudah harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mempermudah semua pekerjaan kantor termasuk keberadaan GIS Arcview sebagai perangkat lunak yang secara dinamis untuk keperluan semua sektor. GIS menggabungkan semua kemampuan, baik yang hanya berupa sekedar tampil saja, sistem informasi yang tersaji secara thematis, dan sistem pemetaan yang berdasarkan keruangan dan potensi yang ada, bersamaan dengan kemampuan untuk menganalisa lokasi geografis dan informasi-informasi tertentu yang terkait terhadap lokasi yang bersangkutan. Hasil yang akan didapat dari pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak GIS/SIG ini adalah tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi untuk mendukung aktifitas pemodelan dengan cepat dan tepat.
Manfaat lain GIS/SIG ini diantaranya: untuk bidang tata guna lahan, untuk perencanaan wilayah dan tata kota, untuk perencanaan pariwisata, implementasi GIS untuk pengelolaan jaringan irigasi, untuk pengembangan kawasan peternakan dan masih banyak lagi manfaat lain.

Praktik GPS dinas pertanian
Di pelatihan GIS dasar juga ada praktik penggunaan GPS. Seperti kita ketahui GPS adalah singkatan dari Global Positioning System (suatu sistem posisi dengan bumi sebagai acuan) yang fungsinya diantaranya untuk mengetahui posisi (koordinat) dalam format geografi (lintang & bujur), dapat menentukan ketinggian suatu tempat, dapat menentukan waktu, kecepatan, dan arah dengan menggunakan satelit dan receiver di daratan.
Terimakasih atas kepercayaannya dan semoga pelatihan ini bermanfaat, kami menunggu pelatihan tingkat lanjutan…

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami