Pelatihan GIS untuk dinas perumahan tata ruang dan tata kota Kabupaten Banggai


Diterbitkan pada : 30 Oct 2015

Pelatihan GIS  Yogyakarta – Kabupaten Banggai adalah salah satu daerah tingkat II di provinsi Sulawesi tengah yang kaya akan potensi budaya dan sumber daya alamnya. Tentu saja ini menjadi aset untuk memicu proses pembangunan daerah terutama tata ruang dan tata kota di wilayah tersebut. Penyelenggaraan urusan tata ruang dan tata kota adalah menjadi tupoksi dari dinas ini sehingga kompetensi SDM yang ada harus selalu ditingkatkan, terutama penguasaan aplikasi pemetaan seperti GIS (Geographic Information System) atau SIG (sistem informasi geografis). Aplikasi ini dipercaya oleh semua kalangan untuk membantu pemetaan, perencanaan pemukiman, tata ruang maupun tata kota, dan masih banyak lagi. Untuk itu pada tanggal 27 – 29 dinas perumahan tata ruang dan tata kota Kabupaten Banggai mengirimkan 6 SDMnya untuk mengikuti pelatihan GIS tingkat dasar di Smile Group Yogyakarta.
Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan kapasitas bagi tenaga teknis Penataan Ruang dan tata kota dalam memahami aplikasi GIS, bagaimana pemenfaatan maupun penerapannya. Hal ini sangat berguna dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di kabupaten Banggai. Para peserta pelatihan GIS diberikan pemahaman terhadap materi umum peta, praktik pemetaan dasar dengan aplikasi GIS, praktik GPS dan entri data untuk aplikasi GIS, Sistem Koordinat dan Proyeksi Peta dan pemanfaatan data spasial untuk dinas perumahan tata ruang dan tata kota kabupaten Banggai.

Praktik GPS

Target yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah peserta memahami konsep dasar pemetaan dengan aplikasi GIS, mampu menyusun dan mengelola data spasial serta menyajikan informasi dalam bentuk peta digital. Semoga pelatihan GIS dasar di SMILE GROUP bermanfaat bagi semua peserta.

 

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami