Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Merauke Pelatihan GIS Dasar di Smile Group Yogyakarta.


Diterbitkan pada : 22 Nov 2015

Pelatihan GIS untuk pertambangan Yogyakarta– Kabupaten Merauke adalah kabupaten terluas sekaligus paling timur di Indonesia. Kata Merauke bagi rakyat Indonesia sendiri pasti tidak asing lagi, terlebih saat sekolah kita sering menyanyikan salah satu lagu nasional “Dari Sabang Sampai Merauke”, hal ini sebenarnya yang menjadikan kita semua merasa mencintai dan memiliki karena telah menjadi bagian dari negara ini. Saat ini Merauke telah menjadi daerah berkembang dan membutuhkan tenaga-tenaga terbaik bangsa dalam rangka mengexplorasi semua potensi yang ada guna kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya dan Indonesia umumnya. Kabupaten Merauke menyimpan sekitar 14,4 kubik feet potensi migas dengan mutu dan jumlah terbanyak di dunia, juga beberapa potensi sumber daya alam yang lain. Tentu saja ini suatu hal yang sangat menggembirakan sekaligus tugas berat bagi Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Merauke untuk memetakan wilayahnya sesuai klasifikasi potensi yang ada. Ini membutuhkan pengetahuan yang akurat tentang permukaan bumi dan bawah permukaan, teknologi geospasial cocok untuk membantu dalam berbagai tahapan operasi perusahaan pertambangan di bawah pengawasan Distamben Merauke. Teknologi geospasial yang dimaksut adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Georaphic Information System (GIS). Maka pada tanggal 19 – 21 November 2015 Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Merauke mengrimkan 3 SDM terbaiknya untuk mengikuti pelatihan GIS dasar di Smile Group Yogyakarta.

Praktik GPS Pelatihan GIS
Sebenarnya ini kali kedua Distamben Merauke mengirimkan SDM-nya untuk mempelajari GIS, dan ini sebagai salah satu bukti bahwa GIS untuk pertambangan sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja.  SIG/GIS memiliki kemampuan yang baik dalam memvisualisasikan data spasial berikut atribut-atributnya, memodifikasi bentuk, warna, ukuran, dan symbol. Dalam tingkatan yang lebih lanjut GIS memfasilitasi analisis dan integrasi banyak berbagai jenis data seperti citra satelit, survei seismik, digital mosaik foto udara, studi geologi permukaan, bawah permukaan dan interpretasi penampang dan gambar, baik lokasi, dan infrastruktur yang ada information.
Setelah mengikuti pelatihan tingkat dasar kami menyarankan kepada peserta pelatihan untuk mengikuti ke tingkat lanjutan supaya ilmunya berkelanjutan dan pemanfaatannya bisa lebih optimal. Semoga pelatihan GIS di SMILE Group dapat memberi bermanfaat dan diterapkan di sana.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami