Pelatihan GIS untuk Dinas Pertambangan dan Dinas Kehutanan & Perkebunan Kabupaten Merauke


Diterbitkan pada : 08 Apr 2016

Pelatihan GIS Yogyakarta – Wilayah paling timur dari NKRI ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Pengembangan dan peningkatan potensi penerimaan daerah melalui multi bidang pembangunan adalah salah satu misi kabupaten merauke. Untuk mendukung hal tersebut tentunya dibutuhkan data yang berefrensi geografi terdiri dari fenomena dan obyek. GIS adalah aplikasi untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Untuk itu pelatihan Geographic Information System (GIS) atau sistem informasi geografis (SIG) untuk Dinas Pertambangan, Energi & Mineral serta untuk Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke. Pelatihan ini dilaksanakan tanggal 04-08 April 2016 di smile group kantor pusat Jl. Sardjito 24 Yogyakarta.

Untuk Dinas Pertambangan sendiri pelatihan ini sebenarnya kali kedua yang merupakan pelatihan GIS tingkat lanjut dari pelatihan sebelumnya pada tahun 2013. Materi pelatihan kali ini terfokus pada GIS analysis, hasil dari analisa spasial ini memiliki beragam fungsi, dari menjelaskan kondisi eksisting dari wilayah perencanaan, mencari hubungan antara satu aspek dengan aspek perencanaan lainnya, hingga menentukan peruntukan lahan yang sesuai berdasarkan karakteristik spasialnya. Data inilah yang akan digunakan Dinas Pertambangan, Energi dan Mineral Kab Merauke sebagai dasar menentukan sebuah kebijakan.
Pelatihan GIS untuk Dinas Kehutanan
Sementara pelatihan GIS untuk Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke ini merupakan kali pertama, sehingga pilahan materipun masih pada level dasar (GIS tingkat dasar). Kabupate Merauke sebagai kawasan agropolitan, agroindustri dan agrowisata maka pelatihan ini diharapkan mampu sebagai landasan kebijakan sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.
Praktik GPS dan input data pelatihan GIS
Berikutnya adalah praktik GPS (Global Positioning System), Hal ini dilakukan untuk memperoleh data dilapangan atau mengidentifikasi lokasi dan luasan area melalui hasil tracking GPS untuk mendukung pemetaan. Peserta diberikan cara-cara menggunakan GPS Mulai dari pensettingan awal GPS hingga pengambilan informasi titik koordinat dilapangan. Sedangkan Area untuk praktik kita pilihkan Merapi volcano tour atau lava tour Merapi Desa Kinahrejo Sleman atau yang kita kenal kampung Mbah Marijan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami