Bimtek Pengelolaan Keuangan BLUD – RSUD H. Damanhuri, Barabai, Kalimantan Selatan – Pengembangan SDM


Diterbitkan pada : 03 Feb 2020

Beberapa SDM terbaik RSUD H. Damanhuri, Barabai, Kalimantan Selatan mengikuti Bimbingan Teknis Perencanaan, Penganggaran & Pelaporan Keuangan BLUD di lembaga pelatihan instansi Smile Group Yogyakarta. Bimtek Pengelolaan Keuangan BLUD dilaksanakan tanggal 2-4 Februari 2020 di gedung Smile Group, jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Yogyakarta. Bimtek dipandu para pemateri dari akademisi dan BLUD (Rumah Sakit) di DIY.

Rumah sakit milik pemerintah daerah merupakan salah satu badan yang dapat menerapkan BLUD. Untuk menerapkan BLUD, rumah sakit harus memenuhi 3 persyaratan yaitu substantif, teknis, dan administratif. Persyaratan substantif terpenuhi jika tugas dan fungsinya bersifat operasional dalam menyelenggarakan layanan umum yang menghasilkan semi barang/ jasa publik. Salah satu persyaratan administratif yaitu tata kelola, laporan keuangan atau prognosa/ proyeksi keuangan, serta laporan audit terakhir atau pernyataan bersedia untuk diaudit oleh pemeriksa eksternal pemerintah. Pengelolaan BLUD seperti perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan anggaran, pengelolaan belanja, pengelolaan barang, penentuan tarif layanan, piutang dan utang, kerja sama, investasi, sisa lebih anggaran dan defisit anggaran, serta penyelesaian kerugian di dalam Pemendagri Nomor 79 Tahun 2018 diberikan fleksibilitas. Akan tetapi untuk mekanisme pelaksanaannya lebih lanjut diatur dengan peraturan kepala daerah. Konsekuensinya adalah penerapan dua standar akuntansi pada pelaporan keuangan BLUD (RSUD/Puskesmas). Sebagai BLUD ia harus mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan sebagaimana amanat PP, sedangkan sebagai satuan kerja Pemda harus mengacu pada standar akuntansi pemerintahan yang diadopsi oleh pemerintah daerah setempat. Maka diadakan pelatihan dan peningkatan wawasan dan ketrampilan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Manajemen BLUD.

Materi pelatihan meliputi: Permendagri No.79 tahun 2018, Penyesuaian Tata Kelola BLUD, Perencanaan dan Penganggaran BLUD (Renstra Bisnis & RBA), Manajemen SDM BLUD, dan Laporan Keuangan BLUD. (hd)

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami