Pelatihan TNT – Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur Bimtek Transaksi Non Tunai


Diterbitkan pada : 27 Jun 2023

Seiring perkembangan jaman, transaksi yang konvensional akan tergantikan oleh transasksi non tunai dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal ini berlaku bagi seua orang atau kelompok dalam bertansaksi. Guna mendukung Pemda menyongsong penggunakan Transaksi Non Tunai, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur menyelenggarakan Bimtek Transaksi Non Tunai bekerjasama dengan lembaga pendidikan dan pelatihan khusus instansi pemerintah dan swasta, Smile Group Yogyakarta. Bimtek berlangsung tanggal 14-17 Juni 2023 di Hotel Swiss Belhotel Samarinda dan diikuti oleh 212 PNS dari seluruh OPD di lingkungan Kabupaten Kutai Timur. Narasumber workshop dari Bank Indonesia perwakilan Samarinda, Bank Kaltimtara dan BPKAD Kutai Timur.

Pemerintah dan Bank Indonesia senantiasa mendorong instansi pemerintah dan masyarakat secara signifikan mulai meninggalkan transaksi tunai dan segera beralih untuk menggunakan transaksi non tunai. Untuk Pemerintah Daerah diimbau siap menerapkan transaksi non tunai paling lambat 1 Januari 2018 (SE Mendagri No. 910/1866/SJ ttg Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah). Namun Transaksi Non Tunai yang sudah kita lakukan sampai detik ini masih terbatas pada Transaksi Pengeluaran Non Tunai dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), pada acara sosialisasi kali ini kita akan memaparkan Transaksi Pengeluaran Non Tunai dari Rekening Kas Bendahara Pengeluaran OPD dengan menggunakan SIMDA Keuangan yang telah dikoneksikan pada Aplikasi Transaksi Keuangan Pemda (ATKP) dari PT. BPD Kaltimtara.

Kedepannya, Transaksi Non Tunai akan dikembangkan pada Transaksi Penerimaan Kas Daerah yang berasal dari pembayaran Wajib Pajak, Wajib Retribusi, Penerimaan dari Pendapatan Asli Daerah Lainnya (PAD Lainnya), serta Transaksi Pengeluaran diluar mekanisme APBD seperti Pengeluaran BLUD, JKN dan BOS Pusat sesuai dengan amanat SE Mendagri No. 910/1866/SJ ttg Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah. Guna memperlancar proses integrasi tersebut maka memerlukan sosialisasi terus menerus dan upaya mendorong implementasi integrasinya.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami