Pelatihan Kearsipan – Sekolah Vokasi UNDIP Semarang Pelatihan Online Sistem Informasi Kearsipan


Diterbitkan pada : 21 Aug 2021


Perkembangan teknologi informasi turut memacu perkembangan pengelolaan kearsipan baik di institusi pemerintah maupun swasta. Pengelolaan kearsipan mau tidak mau harus mengikuti dan memanfaatkan teknologi informasi sehingga menjadi lebih kuat, lebih cepat, lebih aman dan aman. Sebagai bahan pembelajaran, pemanfaatan teknologi informasi untuk pengelolaan kearsipan menjadi salah satu materi penting pada Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang. Untuk itu Sekolah Vokasi UNDIP bekerjasama dengan Smile Group Yogyakarta menyelenggarakan kuliah virtual yang diikuti oleh 60 mahasiswa tiap hari dengan tema: Rancangbangun Sistem Informasi Kearsipan berbasis Pemrograman Python pada tanggal 20 Agustus 2021 dan Digitalisasi Arsip sebagai Upaya Pengelolaan dan Penyelamatan Dokumen pada tanggal 21 Agustus 2021.

Kuliah online dicover oleh para pemateri yang memiliki background akademik dan praktis dalam bidang sistem informasi dan rancang bangun aplikasi kearsipan. Manajemen arsip dinamis merupakan bidang manajemen yang bertanggungjawab atas pengendalian secara efisien dan sistematis dalam penciptaan, pendistribusian, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip sehingga arsip dapat berfungsi secara optimal untuk mendukung proses manajemen organisasi, proses litigasi dan proteksi hukum serta sebagai bahan pertanggungjawaban/ akuntabilitas kepada pihak terkait (stakeholder) masa kini maupun yang akan datang.Document Management System adalah salah satu solusi dalam menjamin agar pendokumentasian arsip dan sebagainya menjadi lebih mudah, murah, cermat, serta lebih cepat. DMS (Document Management System) adalah merupakan aplikasi Tata Naskah Kearsipan Elektronik berbasis web, dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL atau dapat juga menggunakan bahasa pemrograman Python.

Teknologi informasi saat ini telah berkembang sangat pesat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan dan profesi. Hal ini menyebabkan perubahan sistem dan cara kerja pada instansi atau perusahaan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi adalah arsip di era modern ini. Teknologi yang ada adalah teknologi kearsipan yang terkomputerisasi. Arsip merupakan sumber informasi bagi suatu instansi atau organisasi. Arsip juga mempunyai peranan yang penting bagi suatu instansi pemerintahan, swasta ataupun organisasi, karena arsip merekam jejak kegiatan operasional setiap hari-hari.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Kegiatan Pelatihan Online
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait pelatihan online

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami