Pengembangan SDM – Kementerian PANRB Kerjasama dengan Smile Group untuk Pelatihan MC


Diterbitkan pada : 27 May 2022


Selayaknya sebuah kantor kementerian yang memiliki banyak sekali agenda kegiatan yang melibatkan banyak orang, baik internal maupun lintas K/L/I, maka Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB perlu menyiapkan banyak pembawa acara untuk kegiatan-kegiatan tersebut, baik untuk rapat, gathering, upacara formal, dsb. Untuk itu Kemen PANRB bekerjasama dengan Smile Group Yogyakarta untuk menyelenggarakan Pelatihan Pembawa Acara atau Master of Ceremony (MC) bagi 22 pegawai terbaiknya. Pelatihan MC diselenggarakan di ruang pertemuan Samudra Pasai, lantai 5 Kementerian PANRB. Pelatihan berlangsung tanggal 24-25 Mei 2022 dan dicover oleh empat pemateri terbaik di bidang per-MC-an, baik itu pembawa acara formal, acara semi formal hingga acara non formal.

Seorang master of ceremoniy (juga dikenal sebagai MC) adalah tuan rumah dari sebuah event, performance, atau acara. Secara umum, seorang MC akan memperkenalkan para pembicara, membuat pengumuman-pengumuman dan menjalin komunikasi dengan audience sehingga agenda pertemuan bisa berjalan semulus mungkin. Karena lancar dan tidaknya suatu acara dan keselarasan perpindahan dari satu acara keacara berikutnya, sangat tergantung pada kepiawaian MC dalam memandu acara. Dengan kata lain MC adalah ujung tombak ketika acara berlangsung yang dapat mendramatisasi suasana, sesuai dengan karakter acara yang dipandunya. MC harus menjadi jembatan dalam membangun kredibilitas pengisi acara atau pembicara dengan audience. MC harus dapat menjaga antusiasme, gairah, dan kemeriahan suasana, jangan biarkan audience bosan. MC adalah pemimpin yang dapat memberikan “komando” atas seluruh yang terkait dengan acara.

Seorang MC harus memiliki bekal dan kemampuan softskill yang meliputi kepercayaan diri, attitude, gesture, appearance, manajemen dan sebagainya serta hardskill olah vokal, manajemen, ice breaking, teknik microphone dan sebagainya. Dengan penguasaan ilmu, wawasan, mental, teknik perMCan serta latihan atau rajin praktik maka pelatihan ini akan mampu memberikan bekal yang sangat berarti bagi para peserta diklat guna menghandle suatu acara.

Submateri pelatihan meliputi Pengantar MC dan etika protokoler, Manajemen acara (persiapan, jenis, lokasi, level, dsb), Penguasaan audience dan lokasi acara, Penggunaan bahasa, teknik vokal dan ekspresi, Teknik tampil percaya diri dalam membawakan acara serta Praktik menghandle sebuah acara.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pengembangan SDM
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami