Pengembangan SDM – BAPPEDA Tulang Bawang Barat Pelatihan EDMS dan Web Programming


Diterbitkan pada : 23 Dec 2022


Pengembangan SDM merupakan salah satu kegiatan yang harus selalu dilaksanakan secara kontinyu demi ,menjaga kinerja organisasi, termasuk dalam bidang komputerisasi administrasi maupun komputer. Menyadari hal tersebut BAPPEDA Tulang Bawang Barat mengikutkan beberapa sdm terbaiknya dalam Pelatihan Electronic Document Management System atau EDMS dan Web Programming. Pelatihan berlangsung di gedung Smile Group Yogyakarta, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 19-23 Desember 2022.

Manajemen arsip dinamis merupakan bidang manajemen yang bertanggungjawab atas pengendalian secara efisien dan sistematis dalam penciptaan, pendistribusian, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip sehingga arsip dapat berfungsi secara optimal untuk mendukung proses manajemen organisasi, proses litigasi dan proteksi hukum serta sebagai bahan pertanggungjawaban/akuntabilitas kepada pihak terkait (stakeholder) masa kini maupun yang akan datang. Document Management System adalah salah satu solusi dalam menjamin agar pendokumentasian arsip dan sebagainya menjadi lebih mudah, murah, cermat, serta lebih cepat. EDMS (Electronic Document Management System) adalah sebuah aplikasi Tata Naskah Elektronik berbasis web, dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dengan database MySQL.

Web dinamis yaitu web yang isinya dapat dirubah sewaktu-waktu dengan sangat mudah tanpa harus melakukan perubahan pada kode-kode atau coding. Konten yang terdapat di web dinamis tersimpan di sebuah database, sehingga orang yang tidak bisa coding-pun dapat merubah isi konten tersebut tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web atau coding. Untuk perubahan konten atau dokumen dalam sebuah web dinamis tanpa harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting web tersebut. Beberapa ciri web dinamis antara lain: dalam web dinamis terdapat interaksi antara pengunjung dengan pemilik web seperti memberikan komentar, transaksi online, forum, dll., menggunakan bahasa pemrograman web yang lebih kompleks seperti PHP, ASP, JavaScript dsb. Web dinamis menggunakan database seperti MySQL, Oracle, dll untuk menyimpan dan memproses data, dan konten dalam web dinamis bisa diambil dari database sehingga isinya pun bisa berbeda walaupun kita membuka web yang sama. Dengan materi Desain layout halaman web dinamis, Module halaman, dasar-dasar PHP, javascript, database MySQL, dan query PHP, Pengendalian halaman, pembagian hak akses user, Keamanan website, dan Upload ke server, diharapkan peserta mampu membuat website instansi pemerintah/perusahaan swasta menggunakan pemrograman PHP dan database MySQL, mengatur hak akses user, serta membuat keamanan website.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Komputer, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami