Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Ikuti Bimbingan Teknis ASPAK (Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan)


Diterbitkan pada : 21 Oct 2023

ASPAK (Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan) merupakan  aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehtan RI menjadi sebuah rujukan dalam perencanaan yang baik untuk pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan melalui ketersediaan data ataupun informasi yang valid, terbaru dan tepat waktu, baik di tingkat Dinas kesehatan kabupaten/kota, rumah sakit, maupun untuk Puskesmas.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengelolaan ASPAK, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mengirimkan 30 orang pengelola ASPAK dari berbagai fasilitas kesehatan dan puskesmas se-Kabupaten Malang untuk mengikuti Bimtek ASPAK yang dilaksanakan di Hotel Arte Yogyakarta pada tanggal 19 – 21 Oktober 2023

ASPAK dapat memberikan manfaat  Akuntabilitas dapat diwujudkan bila pada satu pihak fasilitas pelayanan kesehatan menginput data SPA secara faktual, akurat dan lengkap, serta pada pihak lainnya Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota memvalidasi data-data yang diinput oleh fasilitas pelayanan kesehatan tersebut. Sedangkan kontinuitas dapat diwujudkan bila fasilitas pelayanan kesehatan rajin melakukan updating setiap kali ada pergerakan SPA, baik itu penambahan, kerusakan, kehilangan maupun sudah habis umur teknis peralatan kesehatan tersebut.

Pada pelatihan ASPAK dipaparkan tentang aplikasi ASPAK dengan update terbaru yang menampilkan fitur unggulan yang merupakan pengembangan dari aplikasi ASPAK versi sebelumnya. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan oleh pemateri dari Kementerian Kesehatan, yang juga merupakan developper aplikasi. Sesi tanya jawab juga memberikan kesempatan para peserta untuk menyampaikan masalah yang terjadi dilapangan hingga dapat terselesaikan pada acara tersebut.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami