DISHUTBUN Kabupaten Merauke Mengikuti Pelatihan Penilaian AMDAL


Diterbitkan pada : 24 Mar 2016

Pelatihan AMDAL Yogyakarta – Tiga SDM Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke mengikuti pelatihan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) tipe B di Smile Group Yogyakarta pada tanggal 22-24 Maret 2016. Smile Group kali ini bekerjasama dengan Bapak Drs.R. Sadono Mulyo, B.Sc, M.Kes, Epid sebagai narasumber atau pemateri yang berkompeten di bidang tersebut. DISHUTBUN Kabupaten Merauke sebagai lembaga pemerintah yang terlibat langsung dalam mengambil keputusan tentunya studi kelayakan maupun penilain terhadap semua kegiatan yang akan dilakukan oleh investor di wilayah kabupaten Merauke harus terlebih dahulu lolos AMDAL. Seperti kita ketahui AMDAL merupakan salah satu bagian dari aspek studi kelayakan bisnis. Artinya,untuk melakukan suatu kegiatan usaha, bisnis atau proyek, studi mengenai dampak terhadap lingkungan merupakan salah satu syarat keleyakan usaha tersebut. Lingkungan yang terjaga akan menjadi warisan yang tidak ternilai bagi generasi bangsa.

Pelatihan AMDAL
Pelatihan AMDAL mengacu pada peraturan pemerintah PP. No. 27 Tahun 1999 Pasal 1 butir 1 yang berbunyi: ”AMDAL–Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah kajian mengenai dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan“. Maka atas dasar pasal tersebut analisis mengenai dampak lingkungan digunakan untuk syarat perijinan, yaitu digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan izin usaha/kegiatan.

Adapun tipe pelatihan yang diperlukan untuk memahami secara lebih komprehensif tentang AMDAL terbagi beberapa jenjang (tingkatan). Yaitu pelatihan AMDAL tipe A, merupakan jenjang pelatihan untuk memahami dasar-dasar mengenai AMDAL, pelatihan AMDAL Tipe B, merupakan jenjang pelatihan untuk penyusunan atau melaksanakan studi kelayakan AMDAL terhadap suatu rencana kegiatan atau proyek. Sedangkan pelatihan AMDAL tipe C merupakan jenjang pelatihan untuk memahami dan mendalami bagaimana menilai suatu dokumen AMDAL sebuah proyek yang selesai di buat.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Pelatihan Singkat, Pendidikan
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami