Pelatihan Setandar Operasional Prosedur Menerbangkan Drone Yogyakarta


Diterbitkan pada : 10 Jun 2016

pelatihan pilot drone Yogyakarta – Drone adalah pesawat tanpa awak atau istilah lain dalam bahasa inggris Unmanned Aerial Vehicle(UAV) sekarang ini sudah berkembang sangat canggih. Pada awalnya drone ini sebagai salah satu peralatan militer yang digunakan untuk memata-matai musuh atau misi pencarian titik lokasi daerah konflik, namun sekarang sudah berkembang untuk masyarakat sipil misalnya hobby permainan dengan pengendali jarak jauh menggunakan radio kontrol (remote), untuk keperluan jurnalistik, untuk pengumpulan data visual berupa foto dan video keperluan organisasi tertentu baik organisasi swasta atau pemerintah bahkan di Belanda drone ini sudah digunakan untuk pengiriman barang bahkan sebagai alat untuk pertolongan pertama apabila seseorang terkena serangan jantung, namanya drone ambulan, bukan untuk mengangkat pasien namun drone ambulan ini dilengkapi dengan teknologi audio dan video, sehingga petugas medis dapat memberikan berbagai pengarahan medis terhadap orang disekitar drone tersebut.
Kembali ke fungsi drone untuk membantu pekerjaan organisasi ataupun pemerintah, drone yang dilengkapi kamera ini dimanfaatkan untuk melakukan liputan suatu kejadian berupa foto atau video misalnya kebakaran, banjir, kemacetan lalulintas atau informasi penting lainya melalui udara. Untuk bisa menggunakan drone ini maksimal sesuai fungsinya tentu memerlukan pilot yang berpengalaman dan taat aturan. Pada tanggal 8-9 Juni 2016 Smile Group memberi pelatihan Setandar Operasional Prosedur Menerbangkan Drone dengan peserta dari Yachiyo Engineering Co., Ltd. Yogyakarta 3 peserta, Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) Pengendali Lahar Gunung(PLG) Merapi 2 peserta, Balai Besar Wilayah Suangai Serayu Opak (BBWS) 2 Peserta.

Pelatihan SOP Menerbangkan Drone

Pembekalan terhadap pilot Drone berupa pengetahuan tentang aturan hukum berupa Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak dan Setandar Operasional Prosedur Menerbangkan Drone dilakukan secara indoor dan outdoor.

pelatihan drone profesional

Khususnya praktik pilot menerbangkan Drone pada tanggal 8 Juni 2016 dilakukan di lapangan terbuka di Jl. Kabupaten yang dibagi menjadi dua kelompak dengan masing-masing menggunakan DJI Phantom 4 seri terbaru. Hal ini untuk memastikan calon pilot drone mahir menerbangkan pesawat remote ini dengan lancar dan paham semua tombol fungsi sesuai SOP-nya sebelum nanti betul-betul bertugas sebagai pilot Drone dengan misi tertentu. Hari kedua pelatihan tgl 9 Juni 2016 praktik lapangan lagsung ke lokasi kali putih Dusun Gempol, Desa Jumoyo, Salam, Magelang untuk melakukan liputan jalanya proyek.

pelatihan drone

Praktik foto udara menggunakan dron
Alhamdulillah Pelatihan Setandar Operasional Prosedur Menerbangkan Drone ini berjalan lancar dan semua peserta mengikuti petunjuk fasilitator dengan antusias. Untuk lebih baiknya peserta juga mengikuti pelatihan pemetaan menggunakan GIS dasar ataupun lanjut, remote sensing (pengideraan jauh) dan atau materi-materi sejenis yang bisa membantu kelancaran dalam melaksanakan tugas-tugas kantor.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Pelatihan Singkat, Teknologi Informasi
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami