Pelatihan TI – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon dan Bagian Humas Setda Kab. Batang – Pelatihan Pembuatan Video Profil Daerah


Diterbitkan pada : 11 Apr 2018

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon dan Bagian Humas Setda Kab. Batang mengirimkan beberapa SDM terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Pembuatan Video Profil dengan Menggunakan Drone di Smile Group Yogyakarta. Pelatihan berlangsung tanggal 11-15 Pebruari 2018. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dan ketrampilan kepada peserta dalam membuat video profil daerah, event maupun instansi.

Profil daerah adalah gambaran perwujudan suatu daerah berdasarkan kondisi dan potensi, peluang dan permasalahan yang mencakup aspek fisik dan tata ruang, sosial budaya, ekonomi, sumber daya alam dan infrastruktur yang disajikan dalam bentuk data dan informasi disertai tabel, grafik, gambar atau video, dan peta yang terangkum dalam sektor-sektor pembangunan.

Penyusunan profil daerah merupakan wujud pengembangan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebagai salah satu upaya pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya Pasal 391 ayat (1) dan (2) yang mensyaratkan bahwa pemerintah daerah wajib menyediakan informasi pembangunan daerah dan keuangan daerah yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah.


Guna memberikan dukungan yang optimal pada gambaran suatu daerah, maka kelengkapan data dan informasi sangat diperlukan. Foto dan video merupakan salah satu dokumen penting yang mampu memberikan banyak informasi tentang kondisi suatu daerah. “Image speaks louder than words” demikian jargon yang sering kita dengar. Salah satu cara pengambilan gambar yang bagus dan lengkap adalah penggunaan kamera pada drone.

Manfaat dokumentasi dalam video profil antara lain: Dokumentasi Kegiatan Rutin, Dokumentasi Humas & Protokol, Dokumentasi Daerah Khusus, Manfaat Lain, Penyediaan informasi untuk kebutuhan instansi atau OPD lainnya, Pengamatan proyek infrastuktur, dsb.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Komputer, Pelatihan Singkat, Teknologi Informasi
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami